Penerapan Quality Function Deployment Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Ibnu Sina Gresik

Authors

  • hidayat hidayat Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Yanuar Pandu Negoro Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/matrik.v23i2.4434

Keywords:

Quality Function Deployment, Rumah Sakit, Pelayanan

Abstract

RSUD Ibnu Sina Gresik merupakan Rumah Sakit Umum Daerah di Gresik yang dituntut untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya dengan berpedoman pada Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) sebagai indikator kinerja utama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggabungkan metode Service Quality (SERVQUAL) dan Kano Model ke dalam Quality Function Deployment (QFD). SERVQUAL diguanakan untuk mengetahui kesenjangan harapan dan kenyataan, Kano Model untuk pengkategorian atribut dan QFD sebagai usulan perbaikan.. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan 21 atribut pelayanan, dimana terdapat 17 atribut yang memiliki gap negatif di klinik jantung dengan 2 atribut berkategori attractive, 8 one-dimensional, 7 must-be dan 14 atribut di klinik kandungan dengan 2 atribut berkategori attractive, 5 one-dimensional dan 7 must-be. Sehingga terdapat 17 atribut di klinik jantung dan 14 atribut di klinik kandungan yang menjadi voice of customers. Dari hasil analisis QFD terdapat 9 respon teknis dengan 5 prioritas teratas menjadi upaya perbaikan yaitu penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan, briefing orientasi kualitas pada tenaga medis, program tenaga medis dan petugas terbaik, rehabilitasi fasilitas gedung dan peralatan pendukung dan pemberian kotak saran dan aduan.

References

[1] M. Mahfudhoh and I. Muslimin, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Cilegon,” J. Ilm. Manaj. Kesatuan, vol. 8, no. 1, pp. 39–46, 2020, doi: 10.37641/jimkes.v8i1.310.
[2] A. Alim, N. Tangdilambi, and A. Badwi, “Jurnal Kualitas Pelayanan Kesehatan (Studi Analitik Terhadap Pasien Rawat Jalan di RSUD Makassar),” J. Manaj. Kesehat. Yayasan RS.Dr. Soetomo, vol. 5, no. 2, p. 165, 2019, doi: 10.29241/jmk.v5i2.164.
[3] K. Oktafianto, N. Ariyani, and R. Awanda, “Penerapan Quality Function Deployment (Qfd) untuk Meningkatkan Kualitas Ayam Geprek di Lingkup Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban,” MathVisioN, vol. 01, no. 01, pp. 30–38, 2019.
[4] A. Setianingsih and A. S. Susanti, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit ‘S,’” Menara Med., vol. 4, no. 1, pp. 22–27, 2021.
[5] L. Olga and L. Rudihartati, “Implementasi Quality Function Deployment (QFD) dalam Upaya Peningkatan Kualitas Produk Udang Beku (Studi Kasus PT. X),” Pros. Semin. Nas. Darmajaya, vol. 1, pp. 194–205, 2020.
[6] N. Dyana, “Analisis Qfd (Quality Function Deployment) Untuk Perbaikan Produk Thai Tea Merek Kaw-Kaw Di Ukm Waralaba Di Landungsari, Malang,” J. Valtech (Jurnal Mhs. Tek. Ind., vol. Vol. 3 No., no. 2, pp. 153–159, 2020.
[7] J. M. Maligan, M. A. Dwisaputra, and S. A. Mustaniroh, “PENGEMBANGAN PRODUK KOPI PREMIUM DENGAN METODE QFD SEBAGAI PRODUK UNGGULAN KELOMPOK TANI KOPI MAKMUR ABADI Development of Premium Coffee Product Using QFD Method as The Leading Product of Makmur Abadi Coffee Farmers Group,” J. Pangan dan Agroindustri, vol. 8, no. 4, pp. 185–196, 2020.
[8] R. Lestari, S. Wardah, and K. Ihwan, “Analisis Pengembangan Pelayanan Jasa Tv Kabel Menggunakan Metode Quality Function Deployment ( Qfd ),” Jisi J. Integr. Sist. Ind., vol. 7, no. 1, pp. 57–63, 2020.
[9] “Bab 1 Covid,” vol. 3, pp. 49–59, 2021.
[10] I. Siregar and K. Adhinata, “Perancangan Produk Tempat Tisu Multifungsi Dengan Menggunakan Quality Function Deployment (Qfd),” J. Sist. Tek. Ind., vol. 19, no. 2, pp. 21–29, 2018, doi: 10.32734/jsti.v19i2.370.
[11] S. Lestariningsih and J. Jono, “Penggunaan Metode Quality Function Deployment (Qfd) Dalam Redesain Kompor Batik Elektrik €Œkombatrik”,” J. Rekayasa Ind., vol. 1, no. 1, pp. 1–12, 2019, doi: 10.37631/jri.v1i1.58.
[12] A. L. Hakim, “Analisis Kualitas Layanan dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) pada J&T Express (Studi Kasus: J&T Express, Cabang Benowo-Surabaya),” J. MATRIK, vol. XVIII, no. 1, pp. 11–20, 2017.
[13] S. Supartiningsih, “Kualitas Pelayanan an Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan,” J. Medicoeticolegal dan Manaj. Rumah Sakit 10.18196/jmmr.2016, vol. 6, no. 1, pp. 9–15, 2017, doi: 10.18196/jmmr.6122.
[14] Saeful Nurochim, N. R. As’ad, and A. N. Rukmana, “Perancangan Produk Waistbag dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD),” J. Ris. Tek. Ind., vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2021, doi: 10.29313/jrti.v1i1.91.
[15] A. Priyono and A. Yulita, “Integrating Kano Model and Quality Function Deployment for designing service in hospital front office,” Intang. Cap., vol. 13, no. 5, pp. 923–945, 2017, doi: 10.3926/ic.1001.
[16] M. Basuki, S. Aprilyanti, A. Azhari, and E. Erwin, “Perancangan Ulang Alat Perontok Biji Jagung dengan Metode Quality Function Deployment,” J. INTECH Tek. Ind. Univ. Serang Raya, vol. 6, no. 1, pp. 23–30, 2020, doi: 10.30656/intech.v6i1.2196.

Downloads

Published

2023-03-24

How to Cite

hidayat, hidayat, & Negoro, Y. P. (2023). Penerapan Quality Function Deployment Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Ibnu Sina Gresik. Matrik : Jurnal Manajemen Dan Teknik Industri Produksi, 23(2), 151–164. https://doi.org/10.30587/matrik.v23i2.4434

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.