ANALISIS PRODUKTIVITAS PADA PROSES PELAYANAN SUB MATERIAL LEAF SPRING DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS ( DEA )

  • Ahmad Deddy Sutendy PT Indospring, Tbk

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis efisiensi proses pelayanan sub material pada masing – masing DMU (Decision Marking Unit), produktivitas yang telah dicapai sub material pada proses pelayanan.


 Metode analisis yang digunakan adalah Data Envelopment Analysis (DEA). Analisis DEA di desain secara spesifik untuk mengukur efisiensi relatif suatu unit produksi dalam kondisi terdapat banyak input maupun banyak output, yang biasanya sulit disiasati secara sempurna oleh teknik analisis pengukuran efisiensi lainnya.


Penelitian ini menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA) dengan asumsi CRS (Constant Return to Scale) Penelitian ini menggunakan variabel input yang terdiri dari jumlah operator, rata – rata material handling, Kuantitas pelayanan, sedangkan Output yang digunakan pendapatan, Prosentase claim, prosentase kemampuan pelayanan dengan cara membandingkan antara jumlah output dibandingkan dengan jumlah input maka akan diketahui besarnya produktivitas pada proses pelayanan sub material.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa produktivitas untuk masing – masing DMU sudah cukup baik, itu dapat dilihat dari nilai efisiensi relatif pada masing – masing DMU dengan nilai minimum 0,95%, sedangkan hasil pengukuran efisiensi relatif untuk masing – masing DMU dapat disimpulkan bahwa ada enam belas DMU yang efisien adalah sub material 2 untuk produk Bushing, Center bolt, Clip bolt, Spacer center, Silencer dan Pipa klip, dan sub material 3 untuk produk Bushing, Center bolt, Clip bolt, Spacer center, Silencer, Pipa klip dan Clip sedangkan sub material 1 untuk produk Bushing, Center bolt, Spacer center, Silencer, Pipa klip dengan nilai efisiensi relatifnya satu atau lebih dari satu sedangkan untuk sub material yang kurang efisien atau nilainya kurang dari 1 adalah sub material 1 untuk produk clip bolt sebesar 0,95 dan Clip sebesar 0,97 dan untuk sub material 2 produk Clip sebesar 0,98 dan Produktivitas yang telah dicapai Sub material pada proses pelayanan untuk Masing – masing DMU yang kurang efisien dapat dilihat pada nilai Peningkatan efisiensi relatif untuk sub material 1 produk Clip bolt sebesar 1,46, dan Clip sebesar 1,34 sedangkan untuk sub material 2 produk Clip sebesar 1,20. Penetapkan target perbaikan produktivitas pada DMU yang kurang efisien sehingga DMU yang efisien menjadi acuan untuk meningkatkan produktivitas dalam group / unit yang sudah ditetapkan dan usulan itu bisa menambah atau menurunkan nilai input dan nilai output.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 23, 2013
How to Cite
SUTENDY, Ahmad Deddy. ANALISIS PRODUKTIVITAS PADA PROSES PELAYANAN SUB MATERIAL LEAF SPRING DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS ( DEA ). Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 1 - 8, mar. 2013. ISSN 2621-8933. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/view/674>. Date accessed: 04 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v14i1.674.
Section
Articles