Integrasi Six Sigma dan Root Cause Analysis dalam Peningkatan Kinerja di PT XYZ
DOI:
https://doi.org/10.30587/matrik.v24i1.5950Keywords:
Six Sigma, RCA, Kinerja, efisiensi, lead time, industri sepatuAbstract
Performa suatu bisnis tidak selamanya mengalami tren positif yang terus menanjak. Faktor internal dan eksternal selalu memberi tantangan tersendiri kepada suatu bisnis. Perusahaan – perusahaan yang rentan terhadap faktor eksternal salah satunya adalah perusahaan footwear, karna pasar global sebagai tujuan destinasi bisninya dipengaruhi oleh negara yang terlibat dalam ketegangan perang. Namun tak tidak dapat pasrah dengan keadaan, tindakan yang dilakukan untuk mempertahankan bisnis adalah dengan mengontrol faktor internal perusahaan khususnya efisiensi dan kualitas. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi performa PT. XYZ, melakukan improve pada masalah yang dimiliki perusahaan dan menyusun rekomendasi improvement. Metode six sigma digunakan untuk mengetahui performa kualitas perusahaan dan selanjutnya melakukan analisa akar masalah dengan root cuase analysis untuk mendapatkan improvement yang tepat. Dalam penelitian ini semula efisiensi sebesar 53,4% menjadi 61,2%. Terdapat 7 critical to quality pada objek yang diteliti, dengan akar masalah high defect rate, low skill, dan component quality problem. Berdasarkan root cause, terdapat 19 rekomendasi improvement yang dapat di proliferasikan ke lini produksi secara luas. Penelitian ini dapat menjadi sumber ide best practice bagi praktisi shoe manufacturing.
References
[2] J. Bagus and Y. Tommy, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ORGANISASI PROFESSIONAL: KEPEMIMPINAN, KOMUNIKASI EFEKTIF, KINERJA, DAN EFEKTIVITAS ORGANISASI (SUATU KAJIAN STUDI LITERATURE REVIEW ILMU MANAJEMEN TERAPAN),” J. Ilmu Manaj. Terap., vol. 2, no. 5.
[3] S. Sony, “Literature Review : Penerapan Lean Six Sigma Pada Manufaktur Industri,” 2023.
[4] G. Aprilia, C. Herdinata, and L. Padmawidjaja, “PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK GRABY BITES,” PERFORMA, vol. 5, no. 6, pp. 449–457, Mar. 2021, doi: 10.37715/jp.v5i6.1822.
[5] N. Sekartaji, B. Sumartono, and B. Arianto, “ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK DAMPER SPEAKER TYPE D-25236 B MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA GUNA MEMINIMALISIR PRODUK CACAT PADA PT. X”.
[6] I. A. Sidikiyah and K. Muhammad, “ANALISIS DEFECT PADA PROSES PEMBUATAN KAYU LAPIS DENGAN METODE STATISTICAL PROCESS CONTROL (SPC) DAN ROOT CAUSE ANALYSIS,” vol. 3, no. 2, 2022.
[7] E. Y. Arifianto and R. N. Briliana, “Identifikasi Penyebab dan Analisis Risiko Kegagalan Proses Produksi Geomembrane Pabrik Plastik Menggunakan Pendekatan FMEA,” Semin. Nas. Tek. Dan Manaj. Ind., vol. 1, no. 1, pp. 66–72, Dec. 2021, doi: 10.28932/sentekmi2021.v1i1.69.
[8] D. W. Kurniawan, “ANALISA PENGELOLAAN PAKAN IKAN LELE GUNA EFISIENSI BIAYA PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL PENJUALAN,” IQTISHADequity J. Manaj., vol. 2, no. 1, Jan. 2020, doi: 10.51804/iej.v2i1.552.
[9] N. D. Amrie Firmansyah, “Peran Tata Kelola Perusahaan Dalam Kinerja Operasional dan Kinerja Pasar Di Indonesia,” J. Ekon., vol. 26, no. 2, p. 196, Jun. 2021, doi: 10.24912/je.v26i2.746.
[10] R. N. Haninda, A. Mahsun, and D. R. Saputro, “Analisis Strategi Pemasaran Mobil Merk Daihatsu Sigra pada PT. Armada International Motor Surabaya,” vol. 3, no. 2, 2021.
[11] A. Pattiruhu, J. M. Tupan, and A. Tutuhatunewa, “ANALISIS KARAKTERISTIK KADAR RESIDU KARBON DAN KANDUNGAN SULFUR PRODUK MINYAK BIOSOLAR DENGAN KONSEP SIX SIGMA,” vol. 14, no. 02.
[12] C. Fenora, W. T. Bhirawa, B. Sumartono, and B. Arianto, “ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR IMPOR PRODUK ELEKTRONIK LIFE GOOD (LG) INCOTERM CIP DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN DMAIC PADA PT. PANTOS LOGISTIK INDONESIA CIBITUNG JAWA BARAT”.
[13] Y. A. Sujarwo and A. Ratnasari, “Aplikasi Reservasi Parkir Inap Menggunakan Metode Fishbone Diagram dan QR-Code,” J. Sisfokom Sist. Inf. Dan Komput., vol. 9, no. 3, pp. 302–309, Aug. 2020, doi: 10.32736/sisfokom.v9i3.808.
[14] R. Saputra and D. T. Santoso, “ANALISIS KEGAGALAN PROSES PRODUKSI PLASTIK PADA MESIN CUTTING DI PT. PKF DENGAN PENDEKATAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS DAN DIAGRAM PARETO,” vol. 6, 2021.
[15] K. Wismaningsih, R. S. Astuti, I. H. Dwimawanti, B. Puspo, and T. Afrizal, “Best Practice Inovasi Pelayanan Publik ‘Laboratorium Kemiskinan’ Di Kabupaten Pekalongan,” JUPIIS J. Pendidik. ILMU-ILMU Sos., vol. 13, no. 1, p. 256, Jun. 2021, doi: 10.24114/jupiis.v13i1.24882