Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas V SDN 1 Tlogopatut

Authors

  • Diah Fitriani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nataria Wahyuning Subayani Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1126

Keywords:

Model Kooperatif, Snowball Throwing, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi peredaran darah pada manusia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada peserta didik kelas V SDN 1 Tlogopatut.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas, desain penelitian ini menggunakan model Hopkins yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, aksi, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini sebanyak 17 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi peserta didik, tes hasil belajar dan perangkat pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 18%, yang didapat peneliti dari hasil observasi sebelum melakukan tindakan sebesar 64% dan setelah tindakan siklus II mendapat persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 82%. Hal ini ditunjukkan dari adanya peningkatan kemampuan peserta didik dalam mencapai indikatorpembelajaranmeliputi: menyebutkan organ peredarandarahpadamanusiadanfungsinya, menjelaskanjalannyaperedarandarahpadamanusiadanmenyebutkangangguankesehatan organ peredarandarahpadamanusia. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan bagi guru SD untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi peredaran darah pada manusia.

Downloads

Published

2019-05-30

How to Cite

Fitriani, D., & Subayani, N. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas V SDN 1 Tlogopatut. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 3(1), 37–45. https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1126

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.