PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPS DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK

Authors

  • Nurul Agustin
  • Allan Firman Jaya

DOI:

https://doi.org/10.30587/jtiee.v2i2.750

Keywords:

Video pembelajaran, konsep dasar IPS

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menghasilkan sebuah produk yang berangkat dari fenomena-fenomena sosial yang berada dikehhidupan sehari-hari, untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai konsep dasar IPS . Metode yang digunakan yakni metode pengembangan yang mengikuti tahapan-tahapan dari model ADDIE yakni analyze, design, develop, implement, evaluation. Video di uji cobakan 3 kali yakni uji coba materi atau naskah, sinopsis video, uji coba kesesuaian dan uji coba teknik penyajian medianya. Hasil uji coba materi menunjukkan fenomena atau peristiwa yang ada layak untuk dikonstruksikan dalam sebuah video dengan kriteria penilaian rata-rata baik. Hasil responden menunjukkan bahwa media sudah sesuai dengan sasaran dengan kriteria penilaian rata-rata baik. Hasil uji media menunjukkan bahwa video dikategorikan baik.

Downloads

Published

2019-01-30

How to Cite

Agustin, N., & Jaya, A. F. (2019). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPS DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2(2), 121–126. https://doi.org/10.30587/jtiee.v2i2.750

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.