PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPS DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK

  • Nurul Agustin
  • Allan Firman Jaya

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menghasilkan sebuah produk yang berangkat dari fenomena-fenomena sosial yang berada dikehhidupan sehari-hari, untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai konsep dasar IPS . Metode yang digunakan yakni metode pengembangan yang mengikuti tahapan-tahapan dari model ADDIE yakni analyze, design, develop, implement, evaluation. Video di uji cobakan 3 kali yakni uji coba materi atau naskah, sinopsis video, uji coba kesesuaian dan uji coba teknik penyajian medianya. Hasil uji coba materi menunjukkan fenomena atau peristiwa yang ada layak untuk dikonstruksikan dalam sebuah video dengan kriteria penilaian rata-rata baik. Hasil responden menunjukkan bahwa media sudah sesuai dengan sasaran dengan kriteria penilaian rata-rata baik. Hasil uji media menunjukkan bahwa video dikategorikan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 30, 2019
How to Cite
AGUSTIN, Nurul; JAYA, Allan Firman. PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPS DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 121-126, jan. 2019. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/750>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v2i2.750.
Section
Articles