Mengungkap Anteseden Motivasi Belajar Mahasiswa

  • Budiyono Pristyadi

Abstract

Pembelajaran yang selama ini menekankan pada model teacher-center-learning harus berubah menjadi student-center-learning dengan beriringan penggunaan teknologi dan cara-cara baru dalam perkembangan jasa pendidikan, oleh karena itu mahasiswa menjadi aspek penting dalam model pembelajaran sehingga harus diposisikan sebagai subjek penting dalam proses tersebut, hubungan dosen dan mahasiwa harus bersifat parnertship, belajar harus menyenangkan, dapat menciptakan saling kerjasama dan saling terlibat. Maka penelitian ini bertujuan menguji pengaruh kualitas proses pembelajaran dan kompetensi-dosen terhadap motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan survei pada mahasiswa yang menempuh mata kuliah teori ekonomi mikro dengan sampel 34 mahasiswa, data yang diperoleh dianalisis dengan multiple regression. Hasil penelitian bahwa variabel bebas yang terdiri dari kualitas proses pembelajaran (KPB) berpengaruh terhadap motivasi belajar, kompetensi-dosen (KD) berpengaruh terhadap motivasi belajar, dua variabel bebas juga menunjukkan bersama-sama mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa. Hasil lain menunjukkan kompetensi dosen memberikan dampak yang dominan dalam memotivasi belajar, dalam praktiknya perlu upaya meningkatkan dan mempertahankan kualitas proses pembelajaran, karena dengan kualitas proses pembelajaran yang baik akan menimbulkan motivasi belajar mahasiswa, sehingga mahasiswa terdorong untuk berprestasi, peningkatan kompetensi dosen yang lebih baik dan berkualitas seiring perkembangan teknologi dan perkembangan di industri jasa pendikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 1, 2019
How to Cite
PRISTYADI, Budiyono. Mengungkap Anteseden Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Riset Entrepreneurship, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 69-75, mar. 2019. ISSN 2621-153X. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jre/article/view/798>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jre.v2i1.798.
Section
Articles