FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN D KEBERHASILAN BERHENTI MEROKOK PADA PEKERJA MIGAS PT SAKA INDONESIA PANGKAH LIMITED GRESIK

  • Sony Ade Wiyathama University Muhammadiyah of Gresik
  • zufra Inayah, SKM., M.Kes university Muhammadiyah of Gresik

Abstract

Berhenti merokok menjadi bagian terpenting dalam gerakan hidup sehat karena merokok tidak hanya berdampak pada perokok itu sendiri namun juga orang yang berada di sekitar perokok dan lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor (niat, daya beli, paparan media dan lingkungan) yang berhubungan dengan keberhasilan berhenti merokok pada pekerja migas PT Saka Indonesia Pangkah Limited Gresik.


Desain penelitian adalah analitic correlational dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah pekerja migas PT Saka Indonesia Pangkah Limited Gresik sejumlah 232 orang. Jumlah sampel sebanyak 147 pekerja diambil dengan random sampling. Variabel bebas penelitian ini adalah niat, daya beli, paparan media dan lingkungan, sedangkan variabel terikat yaitu keberhasilan berhenti merokok. Instrumen yang digunakan penelitian ini adalah lembar kuesioner. Analisis menggunakan uji Lamda pada tingkat kepercayaan 95% (p<0,05).


Hasil menunjukkan bahwa niat berhenti merokok sebagian besar (61,2%) kategori rendah, daya beli rokok hampir seluruhnya mampu (76,2%), paparan media tentang rokok hampir seluruhnya tinggi (76,9%), lingkungan tentang rokok hampir seluruhnya tinggi (76,9%), dan keberhasilan berhenti merokok hampir seluruhnya tidak berhasil atau gagal, yaitu 116 pekerja atau 78,9%. Ada hubungan antara niat (p=0,018), daya beli (p=0,000), paparan media (p=0,000) dan lingkungan (p=0,000) dengan keberhasilan berhenti merokok pada pekerja migas PT Saka Indonesia Pangkah Limited Gresik dengan nilai p<0,05.


Prinsip utama keberhasilan berhenti merokok adalah menguatkan niat, sehingga diperlukan dukungan dan bantuan dari orang-orang yang ada di sekitar seseorang yang akan berhenti merokok.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 15, 2023
How to Cite
WIYATHAMA, Sony Ade; INAYAH, SKM., M.KES, zufra. FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN D KEBERHASILAN BERHENTI MEROKOK PADA PEKERJA MIGAS PT SAKA INDONESIA PANGKAH LIMITED GRESIK. Journal of Public Health Science Research (JPHSR), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 46-58, may 2023. ISSN 2716-4845. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jphsr/article/view/5624>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jphsr.v3i2.5624.
Section
Articles