Hubungan Sarana Sanitasi Dan Lingkungan Fisik Dengan Tingkat Kenyamanan Belajar Siswa Di UPT SDN 75 Gresik
DOI:
https://doi.org/10.30587/jphsr.v5i1.8382Keywords:
Sarana Sanitasi, Lingkungan Fisik Kenyamanan BelajarAbstract
Kenyamanan belajar merupakan sutu factor yang berhubungan dengan motivasi, dan berpengaruh terhadap prestasi siswa. Kenyamanan belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktorsalah satunya yaitu sarana sanitasi dan lingkungan fisik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan sarana sanitasi dan lingkungan fisik yang berhubungan dengan tingkat kenyamanan belajar siswa di UPT SDN 75. Gresik
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di UPT SDN 75 Gresik menggunakan teknik systematic random sampling. yang terdiri dari 51 siswa kelas 2 sampai kelas 6 dan mendapat sampel sebanyak 45 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuisoner, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Chi Square.
Hasil penelitian yang diperoleh di UPT SDN 75 Gresik adalah hamper seluruhnya dalam kondisi layak (93,3%). Kondisi lingkungan fisik sudah memenuhi standar (73,3%). Hamper seluruhnya tingkat kenyamanan belajar siswa dalam kondisi nyaman (77,8%). Hasil uji statistik sarana sanitasi menunjukkan terdapat hubungan antara sarana sanitasi dan lingkungan fisik dengan tingkat kenyamanan belajar siswa
References
A’yun, S. Q., Suminar, E., & Maulani, F. E. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Siswa Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat. Indonesian Journal of Professional Nursing, 1(2), 6. https://doi.org/10.30587/ijpn.v1i2.2289
BBC News Indonesia. (2021). Sekolah rusak di Indonesia: “Yang sekolah bisa lakukan ya, tidak bisa apa-apa.” BBC News Indonesia. https://www.bbc.com/indonesia/majalah-58865133
Direktorat Sekolah Dasar. (2020). Sanitasi Sekolah Adalah Investasi Besar Untuk Perubahan Perilaku Sehat. Kemdikbud.
Gusti, A., & Risandi, R. (2021). Sanitasi Lingkungan dan Perilaku Sehat pada Rumah Kos Mahasiswa di Lingkungan Kampus Universitas Andalas. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia, 20(2), 74–81. https://doi.org/10.14710/jkli.20.2.74-81
Hakim, A., Asimiyati, Katman, Wibowo, S., & Waadarrahman. (2020). Profil Sanitasi Sekolah Tahun 2020. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Mawardi, Agus Dian, & Tunnoor, S. (2020). Studi Komperasi Tingkat Kebisingan Pada Waktu Berbeda Di Sekolah Dasar Negeri Melayu 2 Banjarmasin. Jurnal Terapung : Ilmu – Ilmu Sosiall, 2(2), 45–53.
Putro, S. C., Lestari, D., & Fatma Bela, H. M. (2019). Hubungan antara kenyamanan belajar dan ketersediaan sumber belajar dengan kemandirian belajar pada siswa SMK Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di Kabupaten Tulungagung. Tekno, 27(1), 37. https://doi.org/10.17977/um034v27i1p37-44
Utomo, P., Sukmawati, A. M., & Masagala1, A. A. (2022). Sosialisasi Peningkatan Akses Air Bersih Untuk Mendukung Program Sanitasi Sekolah di SD Negeri Lanteng Baru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1548–1553.
Yuliastanty, S., & Nazif, H. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Lingkungan Fisik, Motivasi Belajar, Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Eka Sakti Padang (UNES). Menara Ilmu, XIII(11), 96–102.