PENGARUH BEBAN KERJA TERHADAP TEKANAN DARAH PADA GURU di SMK ASSA’ADAH BUNGAH GRESIK

  • Yenni Daryanti Daryati University Muhammadiyah of Gresik
  • Zufra Inayah, SKM., M.Kes university Muhammadiyah of Gresik

Abstract

Beban kerja guru yang melebihi batas waktu normal, akan mempengaruhi kesehatan kerja seseorang. Beban kerja yang berlebih dapat menyebabkan stres yang berdampak peningkatan resistensi pembuluh darah perifer dan menstimulasi aktivitas sistem saraf simpatis, dan berakhir pada naiknya tekanan darah. Beban kerja guru menurut Permendikbud No. 15 tahun 2018 maksimal 40 jam per minggu meliputi : merancang pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melatih dan membimbing peserta didik serta melakukan tugas tambahan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh beban kerja terhadap tekanan darah pada guru di SMK Ass'adah Bungah Gresik. Metode dalam penelitian ini menggunakan  observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling (sampel acak sederhana) dan penentuan besar sampel menggunakan rumus slovin dan didapatkan hasil 86 orang sebagai sampel dari jumlah populasi sebanyak 105 orang  dan menggunakan uji statistic regresi logistic biner. Hasil tabulasi silang antara beban kerja dan tekanan darah didapatkan hasil bahwa guru yang mempunyai beban kerja berlebih akan memiliki tekanan darah yang tinggi pula yakni  sebesar 70,8%. Hasil uji statistic didapatkan P Value = 0,000 (α = 0.05). Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh beban kerja dengan tekanan darah pada guru di SMK Assa’adah Bungah Gresik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 9, 2023
How to Cite
DARYATI, Yenni Daryanti; INAYAH, SKM., M.KES, Zufra. PENGARUH BEBAN KERJA TERHADAP TEKANAN DARAH PADA GURU di SMK ASSA’ADAH BUNGAH GRESIK. Journal of Public Health Science Research (JPHSR), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 1-12, may 2023. ISSN 2716-4845. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jphsr/article/view/5594>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jphsr.v4i2.5594.
Section
Articles