PENGARUH BEBAN KERJA TERHADAP TEKANAN DARAH PADA GURU di SMK ASSA’ADAH BUNGAH GRESIK

Authors

  • Yenni Daryanti Daryati University Muhammadiyah of Gresik
  • Zufra Inayah, SKM., M.Kes university Muhammadiyah of Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/jphsr.v4i2.5594

Keywords:

Beban Kerja, Tekanan Darah, Guru

Abstract

Beban kerja guru yang melebihi batas waktu normal, akan mempengaruhi kesehatan kerja seseorang. Beban kerja yang berlebih dapat menyebabkan stres yang berdampak peningkatan resistensi pembuluh darah perifer dan menstimulasi aktivitas sistem saraf simpatis, dan berakhir pada naiknya tekanan darah. Beban kerja guru menurut Permendikbud No. 15 tahun 2018 maksimal 40 jam per minggu meliputi : merancang pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melatih dan membimbing peserta didik serta melakukan tugas tambahan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh beban kerja terhadap tekanan darah pada guru di SMK Ass'adah Bungah Gresik. Metode dalam penelitian ini menggunakan  observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling (sampel acak sederhana) dan penentuan besar sampel menggunakan rumus slovin dan didapatkan hasil 86 orang sebagai sampel dari jumlah populasi sebanyak 105 orang  dan menggunakan uji statistic regresi logistic biner. Hasil tabulasi silang antara beban kerja dan tekanan darah didapatkan hasil bahwa guru yang mempunyai beban kerja berlebih akan memiliki tekanan darah yang tinggi pula yakni  sebesar 70,8%. Hasil uji statistic didapatkan P Value = 0,000 (α = 0.05). Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh beban kerja dengan tekanan darah pada guru di SMK Assa’adah Bungah Gresik.

Additional Files

Published

2023-05-09

How to Cite

Daryati, Y. D., & Inayah, SKM., M.Kes, Z. (2023). PENGARUH BEBAN KERJA TERHADAP TEKANAN DARAH PADA GURU di SMK ASSA’ADAH BUNGAH GRESIK. Journal of Public Health Science Research (JPHSR), 4(2), 1–12. https://doi.org/10.30587/jphsr.v4i2.5594

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.