Mengembangkan Kemampuan Kerjasama Anak melalui Permainan Estafet Bola Di RA Al-Fikri Tarokan Kediri

  • Puji Lestari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Veny Iswantiningtyas Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Isfauzi Hadi Nugroho Universitas Nusantara PGRI Kediri

Abstract

Kemampuan kerja sama anak Raudhatul Athfal Al-Fikri Kedungsari Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri anak 4-5 tahun belum berkembang secara optimal. Terdapat anak yang masih sering berebut tempat dan berebut mainan. Begitu juga saat menyelesaikan tugas kelompok yang dibeikan oleh guru, mereka cenderung tidak bekerja sama. Ketika bermain, baik di dalam maupun di luar kelas, beberapa anak enggan bermain dalam kelompok dengan teman-temannya dan lebih memilih bermain sendiri. Selain itu, ada juga anak yang masih suka memilih-milih teman ketika bermain dan belajar. Permainan estafet bola adalah sebuah permainan yang dapat mempengaruhi berbagai aspek, salah satunya adalah kerjasama. Tindakan penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan Tindakan, evaluasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dengan menggunakan instrumen lembar observasi.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kerjasama anak pra siklus 28,57%, siklus I sebesar 57,15%, sedangkan pada siklus II, terjadi peningkatan dengan hasil mencapai 85,72%. Temuan penelitian ini menunjukkan adanya kemajuan dalam kemampuan kerjasama anak melalui permainan estafet bola di Raudhatul Athfal Al-Fikri Kedungsari Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 15, 2025
How to Cite
LESTARI, Puji; ISWANTININGTYAS, Veny; NUGROHO, Isfauzi Hadi. Mengembangkan Kemampuan Kerjasama Anak melalui Permainan Estafet Bola Di RA Al-Fikri Tarokan Kediri. Journal of Islamic Education for Early Childhood, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 16-27, jan. 2025. ISSN 2987-5501. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/9300>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jieec.v7i1.9300.