Sinergitas Guru dan Orang Tua dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini

Sinergitas Guru dan Orang Tua dalam Mengembangkan Kemandirian Anak

Authors

  • Alfina Nisa'uz Zahroh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Raifatu Maulah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.30587/jieec.v4i2.3931

Keywords:

Sinergitas Guru dan Orang Tua, Kemandirian, Anak Usia Dini

Abstract

Menumbuhkan sikap kemandirian pada anak usia dini merupakan salah satu prinsip yang harus disadari dan diperhatikan oleh semua orang, khususnya oleh guru dan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan sinergitas guru dengan orang tua dalam mengembangkan sikap kemandirian anak di TK Muslimat NU 22 Al Muniroh 1 Ujungpangkah Gresik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan subjek penelitian guru dan orang tua di TKM NU 22 Al Muniroh 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini memberikan sebuah gambaran terkait sinergi antara guru dan wali murid dalam mengembangkan kemandirian anak serta menstimulasi supaya anak mempunyai kebiasaan bersikap mandiri, terutama berani sekolah tidak ditunggu oleh orang tua. Hal ini sengaja dipraktikkan pada anak usia dini guna menjadi individu yang lebih mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain di kemudian hari.

Downloads

Published

2022-08-06

How to Cite

Zahroh, A. N., & Maulah, R. (2022). Sinergitas Guru dan Orang Tua dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini: Sinergitas Guru dan Orang Tua dalam Mengembangkan Kemandirian Anak. Journal of Islamic Education for Early Childhood, 4(2), 55–63. https://doi.org/10.30587/jieec.v4i2.3931

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.