PENINGKATAN KOMPETENSI PUSH AND PULL COMMUNICATION STRATEGY UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH CALON SISWA BARU DI AUM SEKOLAH MAJELIS DIKDASMEN DAN PNF CABANG MUHAMMADIYAH GRESIK
Abstract
Lembaga pendidkan dasar dan menengah dalam kategori sekolah-sekolah swasta harus mampu berinovasi kegiatan pemasarannya untuk mendapatkan peserta didik baru yang sesuai dengan daya tampungnya. Untuk itu diperlukan upaya peningkatan kemampuan (kompetensi) tim pemasar atau tim PPDB agar lebih dapat mampu meningkatkan perolehan siswa disetiap tahun ajaran barunya. Permasalahan utama yang ada pada tim PPDB sekolah biasanya adalah kemampuan memetakan dan mengidentifikasi pola komunikasi yang dilaksanakan setiap tahunnya. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah dengan metode pelatihan terbatas dan seminar dalam kelas yang bersifat interaktif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para peserta dari mitra telah dapat memahami materi yang diberikan terkait dengan push and pull communication strategy. Pemetaan bersama disetiap kategori baik yang push maupun yang pull telah dilakukan. Sebagai tahap akhir hasil pemetaan kategori telah dilakukan sehingga diharapkan setiap tahun terdapat inovasi kegiatan PPDB yang dapat menjaring calon peserta didik baru menjadi lebih baik.