PENINGKATAN KOMPETENSI EDU-MARKETING TIM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) PADA SEKOLAH DI MAJELIS DIKDASMEN PNF CABANG MUHAMMADIYAH GRESIK

  • Sukaris Sukaris Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Suwandi Suwandi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Heru Baskoro Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Saat ini lembaga pendidikan tingkat dasar dan menengah pada sekolah swasta dihadapkan pada situasi perolehan penerimaan siswa baru yang kurang menggembirakan terutama pada wilayah yang masuk zonasi, walaupun tidak sedikit juga yang sukses penerimaan siswa barunya. Namun demikian sekolah- sekolah swasta harus tetap berusaha untuk mencapai target yang direncanakan. Untuk itu diperlukan upaya peningkatan kemampuan atau kompetensi tim pemasarnya agar lebih dapat mampu meingkatkan perolehan siswa disetiap tahun ajaran barunya. Permasalahan utama yang ada pada tim pemasaran sekolah biasanya adalah kemampuan komunikasi dan strategi pemasaran yang kurang di perbarui disetiap waktunya dan juga evaluasi atas capaian kegiatan yang direncanakan kurang mendapat perhatian.Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah dengan metode didkusi terbatas dan seminar dalam kelas yang bersifat interaktif dengan disupervisi tenaga ahli yang berpengalaman dan kompeten. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para peserta dari mitra telah dapat memahami materi yang diberikan terkait dengan komunikasi pemasaran dan strategi pemasaran secara umum khususnya untuk pemasaran sekolah (edu-marketing), langkah-langkah telah diuraikan dengan jelas dan dapat diimplementasikan untuk meningkatkan penjualan (perolehan calon siswa baru). Dalam kegiatan ini juga telah dapat diterima bagaimana strategi pemasaran yang dimulai dari input sampai dengan input dalam bentuk prestasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 1, 2024
How to Cite
SUKARIS, Sukaris; SUWANDI, Suwandi; BASKORO, Heru. PENINGKATAN KOMPETENSI EDU-MARKETING TIM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) PADA SEKOLAH DI MAJELIS DIKDASMEN PNF CABANG MUHAMMADIYAH GRESIK. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 286-295, july 2024. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/7993>. Date accessed: 03 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v6i2.7993.