PENGEMBANGAN BEBERAPA UMKM DI KELURAHAN PEKELINGAN: PERAN MAHASISWA PRODI MANAJEMEN DALAM MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI LOKAL

  • Mario Ardianto Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Moh. Erfan Nurshayet Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Herdianto Mappaseng Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Andi Rahmad Rahim Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Widiharti Widiharti Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sukaris Sukaris Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Pengabdian ini fokus pada menguatkan UMKM di Kelurahan Pekelingan, terutama dalam sektor makanan dan minuman seperti seblak, es kulkul, jamu herbal, dan makanan ringan lainnya. Meskipun memiliki potensi ekonomi yang kuat, UMKM di daerah ini menghadapi tantangan dalam pemasaran produk mereka. UMKM berperan penting dalam perekonomian lokal, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan pertumbuhan ekonomi. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif, melibatkan observasi langsung dan wawancara dengan pemilik UMKM. Fokusnya adalah mengidentifikasi permasalahan, praktik bisnis, dan potensi pengembangan UMKM. Temuan menunjukkan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap UMKM di Kelurahan Pekelingan melalui sosialisasi dan wawancara. Implikasi penelitian ini penting dalam pengembangan UMKM di wilayah tersebut. UMKM dapat memanfaatkan peningkatan kesadaran masyarakat untuk meningkatkan penjualan dan eksposur produk mereka. Upaya promosi dan kerja sama antar-UMKM menjadi strategi penting untuk kesuksesan lebih lanjut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 5, 2024
How to Cite
ARDIANTO, Mario et al. PENGEMBANGAN BEBERAPA UMKM DI KELURAHAN PEKELINGAN: PERAN MAHASISWA PRODI MANAJEMEN DALAM MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI LOKAL. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 9-18, mar. 2024. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/7489>. Date accessed: 13 june 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v6i1.7489.
Section
Articles