UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS 10-E9 SMA NEGERI 1 TAMAN
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan karena adanya keterampilan berpikir kritis yang rendah pada mata pelajaram sejarah peserta didik kelas 10-E9 SMA Negeri 1 Taman. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis melalui model pembelajaran Discovery Learning. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan nilai rata-rata 68 dan siklus II meningkat menjadi nilai rata-rata 82. Hasil uji regresi sebesar Y = 60,987 + 0,238 dan peningkatan sebesar 17,1% yang dapat dilihat pada tabel Summary menggunakan SPSS 25. Data tersebut menujukkan pencapaian keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui model Discovery Learning pada mata pelajaran sejarah kelas 10-E9 SMA Negeri 1 Taman mengalami peningkatan. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas 10-E9 SMA Negeri 1 Taman.