UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS 10-E9 SMA NEGERI 1 TAMAN

  • Agung Agung Universitas Negeri Surabaya
  • Corry Liana Universitas Negeri Surabaya
  • Derry Anggraeni Purwatiningsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan karena adanya keterampilan berpikir kritis yang rendah pada mata pelajaram sejarah peserta didik kelas 10-E9 SMA Negeri 1 Taman. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis melalui model pembelajaran Discovery Learning. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan nilai rata-rata 68 dan siklus II meningkat menjadi nilai rata-rata 82. Hasil uji regresi sebesar Y = 60,987 + 0,238 dan peningkatan sebesar 17,1% yang dapat dilihat pada tabel Summary menggunakan SPSS 25. Data tersebut menujukkan pencapaian keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui model Discovery Learning pada mata pelajaran sejarah kelas 10-E9 SMA Negeri 1 Taman mengalami peningkatan. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas 10-E9 SMA Negeri 1 Taman.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 1, 2023
How to Cite
AGUNG, Agung; LIANA, Corry; PURWATININGSIH, Derry Anggraeni. UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS 10-E9 SMA NEGERI 1 TAMAN. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 285-290, sep. 2023. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/5722>. Date accessed: 02 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i3.5722.