SOSIALISASI PERBANYAKAN BIBIT TEBU (Saccharum Offocinarum L.) KLON ROC-01 DENGAN BIBIT ASAL BAGAL I MATA TUNAS DI DESA GINTUNGAN KECAMATAN KEMBANGBAHU LAMONGAN

  • Wiharyanti Nur Lailiyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Rahmad Jumadi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Suhaili Suhaili Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Anang Dwi F Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Masyarakat di desa Gintungan mayoritas penduduknya mata pencahariannya sebagai petani palawija dan perkebunan tebu. Petani tebu di desa ini sebagian besar masih belum menerapkan budidaya secara sempurna. Penggunaan bibit tebu pada umumnya diambil budidaya tanaman tebu sebelumnya dan menggunakan sistem bagal sehingga bibit yang dibutuhkan semakin banyak dan hasil yang didapatkan tergolong sangat rendah. Dengan demikian maka perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat tentang pengenalan pembuatan bibit yang dianggap sebagai trobosan baru untuk meningkatkan produktifitas tanaman tebu. Teknologi budidaya tanaman tebu yang belum dikenal oleh petani adalah penggunaan bibit tebu asal bagal satu mata tunas. Petani tebu biasanya menanam tebu dengan menggunakan bibit bagal dengan 3-4 mata tunas, sehingga untuk penanaman membutuhkan bibit yang banyak. Perlu adanya metode baru dengan menggunakan bibit jenis ini maka kebutuhan bibit untuk budidaya tebu semakin sedikit tetapi dengan bagal mata tunas satu dan metode penanaman yang benar maka bibit tebu tersebut yang ditanam akan tumbuh 100%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 1, 2022
How to Cite
LAILIYAH, Wiharyanti Nur et al. SOSIALISASI PERBANYAKAN BIBIT TEBU (Saccharum Offocinarum L.) KLON ROC-01 DENGAN BIBIT ASAL BAGAL I MATA TUNAS DI DESA GINTUNGAN KECAMATAN KEMBANGBAHU LAMONGAN. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 174-179, june 2022. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/3990>. Date accessed: 17 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i2.3990.
Section
Articles