PENGEMBANGAN PLATFORM PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI SMP MUHAMMADIYAH NANGGULAN

Authors

  • Suryanto Suryanto Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Maryam Sorohiti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Jati Suryanto Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i4.4827

Abstract

SMP Muhammadiyah Nanggulan merupakan salah satu amal usaha Muhammadiyah yang berada di Nanggulan. SMP ini memerlukan perhatian khusus dikarenakan jumlah siswa yang sangat minim. Sebagai sekolah swasta, minimnya jumlah siswa tersebut berdampak sangat significant dalam semua lini proses pendidikan, terutama ranah finansial yang berdampak pada semua aspek hidupan sekolah seperti kesejahteraan guru, fasilitas, and proses belajar mengajar. Perlu terobasan baru untuk permasalahan ini dengan melakukan perekrutan siswa dari berbagai daerah dengan melakukan proses pembelajaran blended learning. Dengan pembelajaran blended learning, siswa dari berbagai daerah dapat mendaftar, melakukan proses pembelajaran secara daring sebagai learning platform. Pembelajaran daring ini dapat dikombinasikan dengan pembelajaran luring. Gabungan moda pembelajaran ini biasa disebut dengan Blended learning. Dikarenakan masih sangat lemah fasilitas pembelajaran daring, program hibah ini telah berhasil memfasilitasi SMP Muhammadiyah Nanggulan membangun learning platform dengan moda daring untuk membangun proses pembelajaran Blended learning yang kedepan dapat meningkatkan minat siswa belajar di SMP ini

References

Abubakari, M. S., Nurkhamid, & Hungilo, G. (2021). Evaluating an e-Learning Platform at Graduate School Based on User Experience Evaluation Technique. Journal of Physics: Conference Series, 1737(1), 012019. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1737/1/012019
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19–31.
Andi, M., Ar, M., & Usman, N. (2015). Efektivitas Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Pada Madrasah Ibtidaiyah Swasta Di Kabupaten PIDIE. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 3(4), Article 4. http://e-repository.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2591
Ang, W. L., Jedi, A., & Lohgheswary, N. (2021). Factors Affecting The Acceptance Of Open Learning As E-Learning Platform By Technical Course Students. 16, 16.
Apperson, J. M., Laws, E. L., & Scepansky, J. A. (2006). The impact of presentation graphics on students’ experience in the classroom. Computers & Education, 47(1), 116–126. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2004.09.003
Chen, G., Lo, C. K., & Hu, L. (2020). Sustaining online academic discussions: Identifying the characteristics of messages that receive responses. Computers & Education, 156, 103938. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103938
Colom, A. (2022). Using WhatsApp for focus group discussions: Ecological validity, inclusion and deliberation. Qualitative Research, 22(3), 452–467. https://doi.org/10.1177/1468794120986074
de Souza Rodrigues, M. A., Chimenti, P., & Nogueira, A. R. R. (2021). An exploration of eLearning adoption in the educational ecosystem. Education and Information Technologies, 26(1), 585–615. https://doi.org/10.1007/s10639-020-10276-3
Devi, B., Khandelwal, B., & Das, M. (2019). Comparison of the effectiveness of video-assisted teaching program and traditional demonstration on nursing students learning skills of performing obstetrical palpation. Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, 24(2), 118. https://doi.org/10.4103/ijnmr.IJNMR_35_18
Dewi, I. A. G. J. (2021). An Analysis Of Students’ Perceptions In Using Undiksha Moodle E-Learning Platform In Learning Literature Courses [Undergraduate, Universitas Pendidikan Ganesha]. https://repo.undiksha.ac.id/6633/
Ernawati, E. (2021). Profesi Guru Penggerak Masa Depan Bangsa. Publikasi Pembelajaran, 1(2), 143–147.
Fadjrin, M. A., & Muhsin, M. (2017). Pengaruh Lokasi Sekolah, Promosi Sekolah, Persepsi Dan Teman Sebaya Terhadap Minat Siswa Memilih Jurusan. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 352–364.
Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25–34. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742
Gao, J., & Wu, Y. (2022). Modes of Providing Charitable Assistance and Innovations. In J. Gao (Ed.), Mechanisms of Charitable Donations in China (pp. 259–296). Springer Nature. https://doi.org/10.1007/978-981-16-6194-5_6
Gena, C., Mattutino, C., Cellie, D., Di Ninno, F., & Mosca, E. (2021). Teaching and learning educational robotics: An open source robot and its e-learning platform. FabLearn Europe / MakeEd 2021 - An International Conference on Computing, Design and Making in Education, 1–4. https://doi.org/10.1145/3466725.3466739
Gupta, A., & Pathania, P. (2021). To study the impact of Google Classroom as a platform of learning and collaboration at the teacher education level. Education and Information Technologies, 26(1), 843–857. https://doi.org/10.1007/s10639-020-10294-1
Habibi, M. M. (2018). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini (Buku Ajar S1 PAUD). Deepublish.
Handayani, E. D., & Umi Fadlillah, S. T. (2014). Aplikasi Pembelajaran Cara Menggambar untuk PAUD [S1, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/31338/
Ianes, D., & Venturoso, L. (2021). Learn by distance: Advice for choosing an effective and inclusive e- Learning platform. IUL Research, 2(3), Article 3. https://iulresearch.iuline.it/index.php/IUL-RES/article/view/135
Istimewa, L., Indrawati, I., & Wicaksono, I. (2021). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Menggunakan Platform Schoology Pada Materi Ipa (Pencemaran Lingkungan) Terhadap Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Smp. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 52–63. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.934
Kurniasih, E., Nurunnisa, E. C., & Husni, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Media Cerita Gambar (Penelitian Tindakan Kelas di Kelomposk B Raudhatul Athfal Waladun Solihun Desa Imbanagara Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis). Tarbiyat Al-Aulad: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), Article 1. https://riset-iaid.net/index.php/TA/article/view/113
Latapamei, D. A., & Rosy, B. (2021). Keefektifan Penggunaan Edmodo sebagai Media Pembelajaran E-Learning Siswa Kelas XI OTKP SMK Negeri 4 Surabaya. Journal of Office Administration: Education and Practice, 1(3), 391–405.
Li, A., Yao, Z., Yang, D., Kulkarni, C., Farzan, R., & Kraut, R. E. (2020). Successful Online Socialization: Lessons from the Wikipedia Education Program. Proceedings of the ACM on Human-Computer Interaction, 4(CSCW1), 1–24. https://doi.org/10.1145/3392857
Martín-García, A. V. (Ed.). (2020). Blended Learning: Convergence between Technology and Pedagogy (Vol. 126). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-45781-5
Martono, N., Puspitasari, E., & Wardiyono, F. (2018). Kematian Sekolah Swasta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Moreno-Guerrero, A.-J., Aznar-Díaz, I., Cáceres-Reche, P., & Alonso-García, S. (2020). E-Learning in the Teaching of Mathematics: An Educational Experience in Adult High School. Mathematics, 8(5), 840. https://doi.org/10.3390/math8050840
Muzaffar, A., Saputra, A., & Setiowati, A. (2019). Pemberian Materi Motorik Kasar Melalui Kegiatan Bermain Pada Taman Kanak-Kanak Paud Ra Al – Khairiyah Kota Jambi. Cerdas Sifa Pendidikan, 8(2), 9–15. https://doi.org/10.22437/csp.v8i2.8000
Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82–90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007
Perdana, N. S. (2019). Implementasi Ppdb Zonasi Dalam Upaya Pemerataan Akses Dan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(1), 78–92. https://doi.org/10.32529/glasser.v3i1.186
Polhun, K., Kramarenko, T., Maloivan, M., & Tomilina, A. (2021). Shift from blended learning to distance one during the lockdown period using Moodle: Test control of students’ academic achievement and analysis of its results. Journal of Physics: Conference Series, 1840(1), 012053. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1840/1/012053
Prasetyaningtyas, S. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh pada Pelajaran Prakarya dengan Penerapan Blended Learning melalui Kegiatan Tilik Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(1), 50–57. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i1.204
Prasojo, L. D. (2010). Financial Resources Sebagai Faktor Penentu Dalam Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Internasional Manajemen Pendidikan, 4(02), Article 02. https://journal.uny.ac.id/index.php/jimp/article/view/741
Rosalina, A. (2011). Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain. Psycho Idea, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v9i1.239
Sugiyarta, S., Prabowo, A., Ahmad, T. A., Siroj, M. B., & Purwinarko, A. (2020). Identifikasi Kemampuan Guru Sebagai Guru Penggerak di Karesidenan Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 6(2), 215–221. https://doi.org/10.15294/jpk.v6i2.26919
Tatminingsih, S. (2021). Model Pengembangan Big Book untuk Meningkatkan Kompetensi Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1057–1069.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Suryanto, S., Sorohiti, M., & Suryanto, J. (2022). PENGEMBANGAN PLATFORM PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI SMP MUHAMMADIYAH NANGGULAN. DedikasiMU : Journal of Community Service, 4(4), 448–459. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i4.4827

Issue

Section

Articles