PENGEMBANGAN PLATFORM PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI SMP MUHAMMADIYAH NANGGULAN

  • Suryanto Suryanto Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Maryam Sorohiti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Jati Suryanto Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Abstract

SMP Muhammadiyah Nanggulan merupakan salah satu amal usaha Muhammadiyah yang berada di Nanggulan. SMP ini memerlukan perhatian khusus dikarenakan jumlah siswa yang sangat minim. Sebagai sekolah swasta, minimnya jumlah siswa tersebut berdampak sangat significant dalam semua lini proses pendidikan, terutama ranah finansial yang berdampak pada semua aspek hidupan sekolah seperti kesejahteraan guru, fasilitas, and proses belajar mengajar. Perlu terobasan baru untuk permasalahan ini dengan melakukan perekrutan siswa dari berbagai daerah dengan melakukan proses pembelajaran blended learning. Dengan pembelajaran blended learning, siswa dari berbagai daerah dapat mendaftar, melakukan proses pembelajaran secara daring sebagai learning platform. Pembelajaran daring ini dapat dikombinasikan dengan pembelajaran luring. Gabungan moda pembelajaran ini biasa disebut dengan Blended learning. Dikarenakan masih sangat lemah fasilitas pembelajaran daring, program hibah ini telah berhasil memfasilitasi SMP Muhammadiyah Nanggulan membangun learning platform dengan moda daring untuk membangun proses pembelajaran Blended learning yang kedepan dapat meningkatkan minat siswa belajar di SMP ini

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 30, 2022
How to Cite
SURYANTO, Suryanto; SOROHITI, Maryam; SURYANTO, Jati. PENGEMBANGAN PLATFORM PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI SMP MUHAMMADIYAH NANGGULAN. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 448-459, nov. 2022. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/4827>. Date accessed: 02 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i4.4827.
Section
Articles