MANAJEMEN PENGEMBANGAN SEKTOR PARIWISATA DAN UMKM DESA SUNGAIRUJING

  • Sukaris Sukaris Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Andi Rahmad Rahim Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ernawati Ernawati Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nyimas Wardatul Afiqoh Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Julianti Puji Kartika Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nabila Anjani Eka Putri Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ninik Anadiyah Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja, memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat, berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan berperan dalam mewujudkan stabilitas nasional. Peran penting tersebut telah mendorong Kabupaten Gresik untuk terus berupaya meningkatkan daya saing UKM dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui startegi UMKM dalam meningkatkan daya saing UMKM untuk menghadapi masa pandemi pada saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tipe diskriptif. Teknik penentuan informan dilakukan secara purposive sampling. Proses analisis data dilakukan dengan reduksi data dan menyajikan data yang telah diperoleh untuk kemudian dilakukan penarikan kesimpulan.


Penanaman modal merupakan salah satu aspek penting dalam pembangunan perekonomian Indonesia. Negara dalam hal ini telah mengatur segala aspek mengenai penanaman modal, salah satunya adalah terkait dengan perizinan. Sayangnya selama ini terdapat hambatan berupa ketidakpastian hukum terkait dengan perizinan penanaman modal. Padahal hal ini merupakan aspek terpenting dalam rangka penanaman modal. Dari berbagai peraturan perundang-undangan yang ada, PP 24/2018 salah satu contoh peraturan yang memiliki permasalahan hukum. Salah satu permasalahan pada PP 24/2018 terkait dengan NIB. Permasalahan tersebut terkait dengan jangka waktu berlakunya NIB yang berlaku sebagai TDP. Selain itu pengertian mengenai pelaku usaha yang terdapat pada PP 24/2018 berbeda dengan UU No 5/1999. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan analisis hukum mengenai karakteristik NIB melalui fasilitas OSS untuk investor dalam rangka penanaman modal di Indonesia. Penelitian dilakukan menggunakan penelitian hukum normatif dengan analisis preskriptif yang akan memberikan jawaban atas karakteristik NIB dan akibat hukum NIB bagi kegiatan penanaman modal oleh investor.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 1, 2023
How to Cite
SUKARIS, Sukaris et al. MANAJEMEN PENGEMBANGAN SEKTOR PARIWISATA DAN UMKM DESA SUNGAIRUJING. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 83-87, mar. 2023. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/5386>. Date accessed: 17 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i1.5386.