PEMBERDAYAAN AMAL USAHA ’AISYIYAH MELALUI DIGITAL MARKETING SEKOLAH TK ABA PATUKAN YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i4.4721Keywords:
Digital Marketing, School Marketing, Branding, Social MediaAbstract
Kegiatan pengabdian ini bermitra dengan Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Ambarketawang, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Mitra sasaran adalah TK ABA PATUKAN beralamatkan di Jalan Sodanten, Ambarketawang. Tema pengabdian “Pemberdayaan Amal Usaha ‘Aisyiyah Melalui Pelatihan Digital Marketing Sekolah TK ABA Patukan”. Di era teknologi informasi sekolah TK ABA Patukan tidak ingin ketinggalan dalam pemanfaatan media sosial sebagai sarana komunikasi pada masyarakat. Namun, terdapat permasalahan pada ketidaksiapan sumber daya manusia, terbatasnya pengetahuan tentang pentingnya marketing sekolah, pemanfaatan digital marketing, serta perlu tambahan wawasan tentang manajemen keuangan. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberi solusi atas permasalahan mitra sasaran dalam melakukan penguatan branding sekolah melalui marketing sekolah dengan menggunakan pemasaran digital. Pemasaran digital adalah suatu strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet, sangat tepat untuk melakukan branding sekolah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyampaian materi marketing sekolah, praktik langsung membuat akun channel Youtube sekolah, dan pendampingan. Hasil dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini, yaitu: (1) peserta memperoleh tambahan wawasan tentang pentingnya marketing sekolah, termotivasi untuk mengkomunikasikan “visual identity” dan “value Identity” yang dimiliki sekolah, (2) peserta telah memiliki skill dalam pengoperasian peralatan digital untuk branding sekolah, (3) sekolah telah memiliki Youtube channel sehingga dapat menyampaikan kegiatan-kegiatan sekolah kepada masyarakat, dan (4) kepala sekolah dan para guru memperoleh wawasan mengenai pentingnya manajemen keuangan sekolah agar proses pendidikan berjalan baik dan optimal.
References
Akmalia, .et al. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Penguatan Branding Sekolah Dasar Muhammadiyah Purwodiningratan. Prosiding. Umy.Ac.Id, 917–924.
Burger. (2015). Disturbingly Weak: The Current State of Financial Management Education in Library and Information Science Curricula. Journal of Education for Library and Information Science, 56(3), 13–16.
David Wijaya. (2016). Pemasaran Jasa Pendidikan (Bunga Sari Fatmawati (ed.); Cetakan 1). Bumi Aksara.
Kotler, Philips, et al. (2016). Marketing Management (15th editi). Harlow, Essex Pearson Education Limited , 2016.
Muljono, R. . (2019). Penggunaan Konsep Dasar Digital Marketing (Cetakan 2). Gramedia, Pustaka Utama.
Myende, P. E., Samuel, M. A., & Pillay, A. (2018). Novice Rural Principals ’ Successful Leadership Practices in Financial Management: Multiple Accountabilities. South African Journal of Education, 38(2), 1–11.
Novianti, R., & Mulyana, M. (2018). Pengaruh Promosi Media Digital dan Social Media Marketing terhadap Customer Engagment Studi Kasus pada Teh Botol Sosro. Bogor: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan.
Sholikah, T. (2018). Strategi Manajemen Humas Dalam Menciptakan School Branding pada sekolah Islam terpadu, J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 3(2), 72. https://doi.org/10.18860/jmpi.v3i2.6455. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 3(2), 72., 3, Nomor 2, 72–84. https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php /jmpi/article/ view/6455/pdf
Tarigan, R, S. (2009). Creative digital marketing : Teknologi berbiaya murah, inovatif, dan berdaya hasil gemilang. Elex Media Komputindo.
Ulti Desi. (2021). Digital Marketing Sekolah. https://garudacyber.co.id/artikel/2261-digital-marketing-sekolah
Ulum. (2018). Konsep Pemasaran Lembaga Pendidikan Dalam Pandangan Syariah. Madinah: Jurnal Studi Islam, Volume 5 Nomor 1 Juni 2018, 5 Nomor 1.
Zainal, R.V, .et al. (2017). Islamic Marketing Management (Cetakan pe). Jakarta, Bumi Aksara.