SOSIALISASI PEMBUKUAN SEDERHANA DAN PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK PADA UMKM DESA BETOYOGUCI

  • Sukaris Sukaris Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ernawati Ernawati Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Andi Rahmad Rahim Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Keziah Frydha Putri Arwantini Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nur Layli Fitria Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Keberadaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi sangat penting. Demikian juga di Indonesia, UMKM mewakili hampir seluruh unit usaha di berbagai sektor ekonomi yang hidup dalam perekonomian kita, karena jumlahnya amat banyak dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh pelaku UMKM adalah terkait dengan pengelolaan dana. Tantangan lain yang dihadapi UMKM sehingga dapat mengganggu perkembangannya yaitu kesulitan UMKM untuk menentukan harga pokok penjualan dan harga jual yang tepat nantinya dapat mempengaruhi keuntungan dan keberlangsungan usaha mereka. pelaku UMKM masih banyak yang belum mampu mengelola keuangan dan memperbesar usahanya serta menentukan harga jual produk yang baik. Hal ini yang terjadi pada UMKM di desa Betoyoguci, oleh karena itu perlu adanya pembinaan bagi pelaku UMKM dalam hal pembukuan agar usaha yang dijalankan lebih berkembang sehingga dapat diketahui laba bersih serta perlunya adanya sosialisasi cara menentukan harga jual produk agar harga jual tidak ketinggian atau terlalu rendah

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 1, 2022
How to Cite
SUKARIS, Sukaris et al. SOSIALISASI PEMBUKUAN SEDERHANA DAN PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK PADA UMKM DESA BETOYOGUCI. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 349-357, sep. 2022. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/4459>. Date accessed: 21 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i3.4459.
Section
Articles