PKM-SOSIALISASI PENYUSUNAN RENCANA BISNIS ASPEK PEMASARAN USAHA DESA PRUPUH
Abstract
Pada saat ini peran penting Desa dalam mengoptimalisasikan potensi terbaik yang dimiliki khususnya potensi wisata, bagaimanapun wisata masih menjadi kebutuhan yang perlu segera dipenuhi dan saat ini telah menggeser kebutuhan akan produk. Persoalan yang terjadi saat ini adalah bagaimana desa mampu mengkomunikasikan potensi desa kepada masyarakat dan dapat mewujudkannya menjadi aset terbaik yang memberikan nilai tambah ekonomi bagi desa dan masyaraat. Solusi yang ditawarkan adalah melakukan sosialisasi terkait dengan rencana usaha khususnya aspek pemasaran. Metode yang digunakan adalah dengan observasi dan sosialisasi terhadap perangkat desa. Hasil Pengabdian masyarakat ini adalah telah dilakukan observasi lapangan untuk melakukan analisis lingkungan potensi desa khususnya terkait dengan potensi wisata desa,dan telah tersosialisasikannya hal-hal terkait dengan bauran pemasaran khususnya untuk produk jasa dalam hal ini adalah produk, harga, tempat, promosi, bukti fisik, orang-orang yang terlibat dan juga proses, serta disampaikan prinsip 4A dalam mengembangkan sebuah wisata yaitu attraction, accessibility, amenity dan ancilliary. beberapa kegiatan-kegiatan yang mungkin dilakukan pada masa mendatang yang dapat menunjang pengembangan diantaranya adalah pelatihan-pelatihan ke-wirausahaan seperti manajemen usaha, desaian efektuasi dan desain thinking.