PELATIHAN PEMBUATAN ALAT CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) GUNA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 DI WISATA PELANG DESA TAHALU KECAMATAN MERAKURAK

  • Susanti Dhini Anggraini Universitas Ronggolawe Tuban
  • Anggia Kalista Universitas Ronggolawe Tuban
  • Abdul Wahid N Universitas Ronggolawe Tuban
  • Hendra Suwardana Universitas Ronggolawe Tuban
  • Moh. Muhyidin Agus Wibowo Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Abstract

Kabupaten Tuban, memiliki banyak objek wisata meliputi destinasi alam, budaya, dan kuliner. Salah satu wisata yang menarik adalah Wisata Pelang dan kebun sagu, karena memiliki destinasi alam yang sangat indah dan memikat para wisatawan. Indahnya wisata pelang mengakibatkan banyaknya pengunjung dari berbagai daerah, adanya wabah covid-19 ini mewajibkan semua pengunjung objek wisata mematuhi protokol kesehatan mulai dari jaga jarak, memakai masker dan cuci tangan dengan sabun. Di objek wisata pelang masih menggunakan alat cuci tangan manual yang mudah rusak, dan ini mengakibatkan kurang indahnya objek wisata ini. Oleh karena itu pada kegiatan pengabdian ini kami melakukan pelatihan pembuatan alat CTPS dengan pedal di wisata pelang dengan sasaran karang taruna desa tahulu sehingga dapat mencegah virus corona, meningkatkan perekonomian dan mengindahkan wisata pelang di sektor wisata. Selain itu menghasilkan inovasi produk berupa alat CTPS sehingga dapat membantu masyarakat dalam membuat alat CTPS serta menciptakan lapangan pekerjaan baru. Hasil dari pengabdian ini mendapatkan respon positif dari peserta pelatihan ada 90% peserta merasa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk melindungi kesehatan keluarga dimasa pandemi covid 19 ini. Hasil monitoring dan evaluasi ada 60% peserta merasa mudah membuat CTPS dan 70% warga tidak kesulitan alat dan bahan. Dan ada 60% yang menerapkan pembuatannya dirumah dan menjualnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 1, 2022
How to Cite
ANGGRAINI, Susanti Dhini et al. PELATIHAN PEMBUATAN ALAT CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) GUNA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 DI WISATA PELANG DESA TAHALU KECAMATAN MERAKURAK. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 180-188, june 2022. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/3991>. Date accessed: 30 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i2.3991.
Section
Articles