Pemberdayaan Perekonomian Keluarga Melalui Pemanfaatan Lahan Terbatas Dengan Budidaya Sayur Organik Untuk Ketahanan Pangan Keluarga Disaat Pandemi Covid-19 Di Desa Klangonan Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik

  • Atikotul Fauziyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sukaris Sukaris Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ernawati Ernawati Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Andi Rahmad Rahim Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Desa Klangonan terletak di kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. Lebih tepatnya desa Klangonan  letaknya berdekatan dengan  makam  Sunan  Giri  yaitu  salah satu  wali  songo, tempat wisata religi yang dijadikan tempat ziarah bagi umat islam di pulau Jawa. Mayoritas mata pencaharian masyarakat desa Klangonan adalah sebagai wirausaha, seperti mempunyai usaha untuk membuat makanan khas giri, atau mempunyai usaha kerajinan yang nantinya diperjual belikan untuk oleh-oleh khas giri. Tapi akibat pandemi covid-19 ini tempat wisata manapun tidak boleh dibuka, jadi kebanyakan masyarakat yang mempunyai usaha di dekat makam Sunan Giri jadi sepi dan pendapatan mereka berkurang. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini atau yang dinamakan dengan KKN Mandiri ini adalah memberikan sosialisai tentang budidaya sayur organik kepada masyarakat desa Klangonan khususnya RT 1 agar mereka dapat mengembangkan tanaman sayur organik di perkarangan rumah masing-masing walaupun dengan lahan yang terbatas. Agar selama pandemi covid-19 ini masyarakat mempunyai  kegiatan  yang  sangat  berguna  untuk  memenuhi  bahan  makanan  sehari-hari dengan  tanaman  yang  mereka  tanam  sendiri  di  pekarangan  rumah  mereka.  Metode pendekatan yang digunakan adalah penyuluhan melalui video yang saya buat, kemudian dishare  melalui  media  online  seperti  grup  whatsapp  desa  Klangonan  RT  1.  Diharapkan dengan adanya video tersebut masyarakat khususnya ibu-ibu bisa menerapkan di lingkungan rumah mereka agar memperkecil pengeluaran disaat covid seperi ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 1, 2021
How to Cite
FAUZIYAH, Atikotul et al. Pemberdayaan Perekonomian Keluarga Melalui Pemanfaatan Lahan Terbatas Dengan Budidaya Sayur Organik Untuk Ketahanan Pangan Keluarga Disaat Pandemi Covid-19 Di Desa Klangonan Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 1118-1123, dec. 2021. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/3246>. Date accessed: 14 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i4.3246.
Section
Articles