KEPUASAN MAHASISWA FT UTM TERHADAP PELAYANAN AKADEMIK FT UTM MENGGUNAKAN MODEL EUROPEAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX

KEPUASAN MAHASISWA FT UTM TERHADAP PELAYANAN AKADEMIK FT UTM MENGGUNAKAN MODEL EUROPEAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX

  • Akhmad Wasiur Rizqi

Abstract

Pada era globalisasi tantangan terhadap perguruan tinggi semakin meningkat. Pendidikan tinggi diharapkan dapat memberikan kontribusi melalui pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Universitas Trunojoyo Madura (UTM) merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pertama di pulau madura, Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan kepuasan mahasiswa fakultas teknik UTM terhadap pelayanan akademik FT UTM  kedalam bentuk  model European Customer Satisfaction Index untuk mengetahui pengaruh variabel eksogen terhadap varabel endogen. Jumlah sampel sebanyak 321 responden yang  terdiri dari 6 program studi yakni teknik industri, teknik informatika, teknik manajemen informatika, teknik mekatronika dan teknik multimedia jaringan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software amous 6.0. Berdasarkan hasil perhitungan  uji kelayakan model, full model struktural  SEM memenuhi syarat kelayakan model, yaitu dengan probabilitas sebesar 0,082. Pengujian goodness of fit lainnya menunjukkan dalam kategori yang diterima secara baik. critical ratio skewness value semua indikator berada di bawah 2,58. nilai p2 yang berada di bawah nilai 0,05 dan p1  diatas 0,5 sehingga tidak ada data yang outliyer. hasil determinan dari matriks kovarians sampelnya bernilai 1,6251≥0 menunjukkan bahwa tidak terdapat multikolinieritas atau singularitas pada data penelitian. Nilai reliabilitas variabel laten diatas 0,70. Uji hipotesis diketahui  nilai CR diatas 1,96 dan nilai P dibawah 0,05. Ini menunjukkan variabel eksogen berpengaruh signifikan terhadap vaeibel endogen

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 31, 2020
How to Cite
RIZQI, Akhmad Wasiur. KEPUASAN MAHASISWA FT UTM TERHADAP PELAYANAN AKADEMIK FT UTM MENGGUNAKAN MODEL EUROPEAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX. MATRIK (Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi), [S.l.], v. 20, n. 2, p. 1 - 6, mar. 2020. ISSN 2621-8933. Available at: <http://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/view/946>. Date accessed: 10 july 2020. doi: http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v20i2.946.
Section
Articles