Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pelaksanaan Shalat Sunnah Dhuha di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta

  • admin admin
  • Badrus Zaman

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh lembaga pendidikan yang menciptakan lingkungan kondusif yang menjadikan sasaran utamanya adalah membangun karakter, Pendidikan kepribadian yang diperoleh anak dari aktivitas kesehariannya seringkali tidak teratur dan kurang sistematis oleh karena itu shalatsunnahdhuha dijadikan sebagai salah satu program yang diharapkan mampu mewujudkan generasi emas berkarakter yang mana shalat dhuha jarang sekali dijadikan kegiatan rutin di sekolah-sekolah manapun meskipun di sekolah yang berbasis Islam.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses dari pembinaan karakter melalui pelaksanaan shalat sunnah dhuha, dan mengetahuikarakter yang dibentuk dari pembinaan siswa melalui pelaksanaan shalat sunnah dhuha pada kelas V di SDIT Nur Hidayah Surakarta.


Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dilaksanakan di SDIT Nur Hidayah Surakarta pada bulan Desember 2015 sampai Juli 2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dan guru kelas V yang membina karakter dalam shalat dhuha di SDIT Nur Hidayah Surakarta. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah dan staf kesiswaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan metodologis. Teknik analisisnya menggunakan model analisis data interaktif, tahap yang ditempuh yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.


            Hasil penelitian ini menunjukkan Proses pembinaan karakter siswa melalui pelaksanaan shalat sunnah dhuha pada kelas V di SDIT Nur Hidayah Surakarta. program Ibadah shalat dhuha di SDIT Nur Hidayah sudah diterapkan sejak mulai berdirinya SDIT Nur Hidayah yaitu sejak tahun 1999, dilakukan setiap hari pukul 07.00 sampai pukul 07.30, kemudian dengan harapan membiasakan siswa melakukan shalat sunnah disamping shalat wajib dan dengan harapan membentuk karakter. Adapun tahapnya yaitu: a) pengetahuan moral, b) perasaan bermoral c) perilaku moral, Adapun metode yang dipakai dalam pembinaan karakter 1) Metode pembiasaan dan pengembangan diri, 2) Metode keteladanan, 3) Metode pemberian nasihat dan perhatian. Karakter dari pelaksanaan Shalat sunnah Dhuha di SDIT Nur Hidayah Surakarta. Adapun karakter yang ditanamkan dari pembinaan melalui shalat dhuha adalah sebagai berikut: a) Karakter cinta Tuhan b) Karakter percaya diri dan tanggungjawab c) Karakter disiplin.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 13, 2017
How to Cite
ADMIN, admin; ZAMAN, Badrus. Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pelaksanaan Shalat Sunnah Dhuha di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 18, n. 2, p. 1-21, nov. 2017. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/88>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.88.