PROSES PENGUKURAN RISIKO DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KADUNGORA

  • Tami Tania UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Wahyu Hidayat UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstract

Masalah pokok dalam tulisan ini adalah Bagaimana Proses Identifikasi Risiko Pada kegiatan Pembelajaran Di SMK Muhammadiyah 1 Kadungora? dan Bagaimana Proses Pengukuran Risiko Pada Pembelajaran Di SMK Muhammadiyah 1 KadungoraBagaiman Penerapan Pengukuran    Risiko   Dalam Meningkatkan Kegiatan Pembelajaran Di SMK Muhammadiyah 1 Kadungora? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengukuran risiko terhadap proses pembelajaran di SMK Muhammadiyah 1 Kadungora.  Dalam analisis data metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan sumber dari beberapa jurnal serta melakukan wawancara terhadap wali kelas dan guru bk dan dokumentasi. Tahap pengukuran risiko dilakukan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang karakteristik risiko. Dengan pemahaman yang lebih baik, risiko dapat lebih mudah dikendalikan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melakukan proses pengukuran risiko terhadap proses pembelajaran yang dilakukan SMK Muhammadiyah 1 Kadungora dengan skala penilaian yang menghasilkan bahwa risiko terhadap penurunan minat belajar siswa memiliki frekuensi berat, sering terjadi dalam rentang 1-2 tahun dengan 4 dampak sehingga menjadi prioritas utama pada perencanaan strategi, pengukuran dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan sejauh mana risiko tersebut berdampak bagi lembaga pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 5, 2024
How to Cite
TANIA, Tami; HIDAYAT, Wahyu. PROSES PENGUKURAN RISIKO DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KADUNGORA. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 25, n. 1, p. 048-058, feb. 2024. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/5848>. Date accessed: 23 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v25i1.5848.