Peningkatan Pola Interaksi Edukatif Peserta Didik melalui Penerapan Metode Ceramah Plus pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Bareng Jombang

Authors

  • Kiki Rizki Amalia Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.30587/tamaddun.v25i1.2137

Keywords:

Kata Kunci : Interaksi Edukatif, Metode Ceramah Plus, dan Mata Pelajaran PAI.

Abstract


Abstrak
Metode ceramah plus merupakan suatu metode disampaikan dengan lisan yang divariasikan dengan metode lain. Pada dasarnya dalam menerapkan metode pembelajar tersebut merupakan langkah yang terpenting dalam menunjang keberhasilan pencapaian tujuan, serta dapat mendorong peserta didik lebih aktif dalam menciptakan interaksi edukatif.
Dari permasalahan diatas penulis melakukan peneliti tentang “Peningkatan Pola Interaksi Edukatif Peserta Didik melalui Penerapan Metode Ceramah Plus pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Bareng Jombang”, dengan fokus penelitian (1) Peningkatan pola interaksi edukatif peserta didik melalui penerapan metode ceramah plus pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Bareng Jombang, yang memiliki tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatan pola interaksi edukatif melalui penerapan metode ceramah plus.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Studi Kasus, serta pendekatan Kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Anilisis data kualitatif menggunakan Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan/Verifikasi. Pengecekan kebasahan data menggunakan cara (1) Kreadibilitas. (2) Transferability. (3) Dependability. (4) Konfirmabitity.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode ceramah plus pada kegiatan pembelajaran terlaksana dengan suasana menyenangkan serta membantu peserta didik termotivasi dan lebih aktif dalam hal belajar, demikian terlihat ketika peserta didik merespon dengan baik interaksi yang telah dibawa oleh guru.

Downloads

Published

2024-02-12

How to Cite

Amalia, K. R. (2024). Peningkatan Pola Interaksi Edukatif Peserta Didik melalui Penerapan Metode Ceramah Plus pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Bareng Jombang. Tamaddun, 25(1), 059–069. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v25i1.2137

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.