Peningkatan Pola Interaksi Edukatif Peserta Didik melalui Penerapan Metode Ceramah Plus pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Bareng Jombang

  • Kiki Rizki Amalia Universitas Hasyim Asy'ari

Abstract


Abstrak
Metode ceramah plus merupakan suatu metode disampaikan dengan lisan yang divariasikan dengan metode lain. Pada dasarnya dalam menerapkan metode pembelajar tersebut merupakan langkah yang terpenting dalam menunjang keberhasilan pencapaian tujuan, serta dapat mendorong peserta didik lebih aktif dalam menciptakan interaksi edukatif.
Dari permasalahan diatas penulis melakukan peneliti tentang “Peningkatan Pola Interaksi Edukatif Peserta Didik melalui Penerapan Metode Ceramah Plus pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Bareng Jombang”, dengan fokus penelitian (1) Peningkatan pola interaksi edukatif peserta didik melalui penerapan metode ceramah plus pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Bareng Jombang, yang memiliki tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatan pola interaksi edukatif melalui penerapan metode ceramah plus.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Studi Kasus, serta pendekatan Kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Anilisis data kualitatif menggunakan Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan/Verifikasi. Pengecekan kebasahan data menggunakan cara (1) Kreadibilitas. (2) Transferability. (3) Dependability. (4) Konfirmabitity.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode ceramah plus pada kegiatan pembelajaran terlaksana dengan suasana menyenangkan serta membantu peserta didik termotivasi dan lebih aktif dalam hal belajar, demikian terlihat ketika peserta didik merespon dengan baik interaksi yang telah dibawa oleh guru.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 12, 2024
How to Cite
AMALIA, Kiki Rizki. Peningkatan Pola Interaksi Edukatif Peserta Didik melalui Penerapan Metode Ceramah Plus pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Bareng Jombang. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 25, n. 1, p. 059-069, feb. 2024. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/2137>. Date accessed: 09 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v25i1.2137.