HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN STRES KERJA PADA GURU SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI DI KECAMATAN MENGANTI

Authors

  • Fitria Lailatul Ula
  • Nadhirotul Laily

DOI:

https://doi.org/10.30587/psikosains.v14i1.930

Keywords:

Stres Kerja, Self-Efficacy, Guru SD

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy dengan stres kerja pada guru SD Negeri di Kecamatan Menganti. Peneliti menggunakan teknik cluster sampling sebanyak 186 Guru SD di Kecamatan Menganti. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala self-efficacy dan skala stres kerja pada Guru. Uji validitas skala ini menggunakan validitas isi. Sedangkan uji reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan koefisien Alpha Cronbach dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Korelasi Sperman Rank. Hasil uji korelasi menunjukkan rho= -0,127 dengan taraf signifikan 0,288 (p > 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara self-efficacy dengan stres kerja pada guru SD Negeri di Kecamatan Menganti

Downloads

Published

2019-07-09

How to Cite

Lailatul Ula, F., & Laily, N. (2019). HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN STRES KERJA PADA GURU SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI DI KECAMATAN MENGANTI. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 14(1), 26–33. https://doi.org/10.30587/psikosains.v14i1.930

Issue

Section

Original Research