Pengaruh Academic Self-Management Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMK PGRI 1 Gresik

Authors

  • Novida Apriliani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Awang Setiawan Wicaksono Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Prianggi Amelasasih Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/psikosains.v17i1.4565

Keywords:

Academic Self-Management, Prokrastinasi Akademik, Siswa

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh academic self-management terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas XI. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 193 melalui teknik simple random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Skala Academic Self-Management dan Skala Prokrastinasi Akademik kemudian diuji validitasnya menggunakan validitas isi dan uji reliabilitasnya menggunakan korelasi reliabilitas Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang diguakan yaitu analisis regresi linier sederhana guna menjawab hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Terdapat pengaruh academic self-management terhadap prokrastinasi akademik ditunjukkan dengan p< 0,05 yang artinya Ha diterima. 2) Pengaruh yang diberikan academic self-management terhadap prokrastinasi akademik sebesar 48,7%. 3) Academic self-management memiliki hubungan dengan prokrastinasi akademik yang berarah negatif sebesar -0,470. 4). Hasil penelitian ini yang nantinya diharapkan dapat menjadi refrensi bagi penelitian yang ingin meneliti hal serupa dapat mengembangkan faktor yang dapat mempengaruhi prokrastinasi akademik misalnya faktor individual (gender, usia dan bidang jurusan yang dipilih).

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arimathea, A. (2019). Bentuk-bentuk Prokrastinasi yang Terindikasi Tinggi pada Mahasiswa yang Lambat Dalam Penulisan Skripsi di FKIP Universitas Sanata Dharma Angkatan 2012-2014. Skripsi : Tidak Diterbitkan.
Brown, W.F & Holzman, W.P. (1967). Manual Surveys Of Study Habits And Attitudes. New York: The psychology Co.
Dembo, M H. (2004). Motivation And Learning Strategies for College Success-A self-Management Approach. Second Edition. London: Unversity of Southern California. Janis, 1. L. & Mann, L. (1977). Decision making: A Psychological Analysis of Conflict. Choice and Commitment. New York: Free Press.
Ellis, A. & Knaus, W. J. (1977). Overcoming Procrastination. New York: Institute for Rational Living.Pribadi, Benny. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Dian Rakyat.
Mahardika, Y. (2019) Hubungan Antara Kecanduan Game Online Terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Yogyakarta. Skripsi : diterbitkan. Fakultas Psikologi Universitas Islam Indonesia : Yogyakarta.
Penata, G. (2020). Tingkat Prokrastinasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi : tidak diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma : Yogyakarta.
Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu, Teori Praktik Dan Penilaian. Grafindo: Jakarta
Schraw, G & Wdkins, T. (2007). Doing the Things We Do : A Grounded Theory Of Procrastination. Journal of Educational Psychology. 99(1), 12-25.
Setyawan A. (2017). Hubungan Self Management dan Self Competence Dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Instalansi Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi : Tidak Diterbitkan. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta : Yogyakarta.
Sidabutar (2018). Hubungan Antara Academic Self-Management Dan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa yang Sedang Mengontrak Mata Kuliah Usulan Penelitian Lanjutan di Fakultas Psikologi Universitas "X" Bandung. Skripsi : Tidak diterbitkan. Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha : Bandung.
Solomon, L.J., & Rothblum, E.D. (1984). Academic Procrastination: Frequency and Cognitive-Behavioral Correlates. Journal of Counseling Psychology. 31(4), 504- 510.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.
Suhartini, H. (1992). Pengaruh Metode Pengelolaan Diri Sendiri Terhadap Prestasi Kerja Praktek Harian. Jurnal Psikologi, 1. 25-30.
Sulaeman, F., Yasdar, M & Muliyadi (2017). Penerapan Teknik Manajemen Diri Dapat Mengurangi Kebiasaan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Enrekang. Edumaspul : Jurnal Pendidikan. 1(2). ISSN 2548-8201.
Tuckman, B. W. (1991) The Development And Concurrent Validity Of The Procrastination Scale. Educational and Psychological Measurement, 51 (1), 473-480.
Undang-undang RI No.20 2003 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah (Online), (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah. Diakses pada 3 November 2020).
Utaminingsih, Setyabudi. (2012). Tipe Kepribadian Dan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMA “X” Tangerang. Jurnal Psikologi. 10(1), 48-57.
Ziesat, H. A., Jr., Rosenthal, T. L., & White, G. M. (1978). Behavioral Self-Control In Treating Procrastination Of Studying. Psychological Reports. 42(1), 59–69.

Downloads

Published

2022-09-12

How to Cite

Apriliani, N., Wicaksono, A. S., & Amelasasih, P. (2022). Pengaruh Academic Self-Management Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMK PGRI 1 Gresik. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 17(1), 54–63. https://doi.org/10.30587/psikosains.v17i1.4565

Issue

Section

Original Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.