HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK DALAM MENYELESAIKAN TUGAS KULIAH PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.30587/psikosains.v14i2.1276Keywords:
Self Efficacy, Prokrastinasi Akademik, Academic ProcrastinationAbstract
Abstrak Penelitian ini mengkaji tentang hubungan self efficacy dengan prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan tugas kuliah pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Gresik. Metode penelitian kuantitatif denganteknik probability sampling, pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan jumlah sampel 125 mahasiswa. Teknik analisis data korelasi sperman rho dengan taraf signifikasi 5%. Hasil korelasi diperoleh nilai r hitung = -0,260 lebih kecil dari r tabel = 0,1757 maka Ho diterima Ha ditolak. Hasil koefisien (r²) dari r = -0,260 = 0,7 menunjukkan sumbangan variabel self efficacy dengan prokrastinasi akademik sebesar 7% sedangkan sisanya 93% variabel lain yang tidak diteliti. Hasil analisis data di tarik kesimpulan tidak terdapat hubungan antara variabel self efficacy dengan variabel prokrastinasi akademik. Kata Kunci : Self Efficacy, Prokrastinasi Akademik
Abstract This study examines the relationship of self efficacy with academic procrastination in completing coursework for students of the Faculty of Psychology, University of Muhammadiyah Gresik. Quantitative research methods with probability sampling techniques, sampling using the Slovin formula and the number of samples of 125 students. The technique of sperman rho correlation data analysis with a significance level of 5%. Correlation results obtained r count = -0.260 smaller than r table = 0.1757 then Ho accepted Ha rejected. The coefficient results (r²) from r = -0,260 = 0.7 shows that the contribution of self efficacy variables to academic procrastination is 7% while the remaining 93% are not examined. The results of the data analysis concluded that there was no correlation between the variables of self efficacy and the variables of academic procrastination. Keyword : Self Efficacy, Academic Procrastination
References
Azwar. S. (2006). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Burka, J. B. & Yuen, L.M. (1983). Procrastination: Why You Do It, What ToDo About It. New York: Perseus Book.
Damri, Engkizar & Anwar, F.(2017). Hubungan Self-Efficacy Dan Prokrastinasi AkademikMahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Perkuliahan. Padang. Fakultas Psikologi Universitas Negeri Padang. Jurnal Bimbingan Konseling, (Online), 14(3): 74-95, (https://jurnal.arraniry.ac.id), diakses pada 15 Februari 2019.
Dewi, N. P & Sudiantara, Y. (2015). Hubungan Self Efficacy Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Kurikulum Berbasis Koumputer Unika Soegijapranata Semarang. Psikodimensia,(Online), 14(2): 96-104, (https://http://journal.unika.ac.id/index.php/psi/article/view/974), diakses pada 10 Maret 2019.
Direja. A. H. S. (2018). Untukmu Wahai Mahasiswa Sebuah PesanInspiratif Pemantik Semangat. Yogyakarta: Deepublish. Djojodibroto. (2004). Tradisi Kehidupan Akademik. Yogyakarta: Galang Press.
Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. (1995). Procrastination and Task Avoidance: Theory, Research, and Treatment. New York: Plenum Press. Fibrianti. I. D, (2016). HubunganAntaraDukunganSosialOrangtuaDengan Prokrastinasi Akademik Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UniversitasDiponegoro Semarang. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. (Online), 18(2): 56-70, (http://eprints.undip.ac.id), diakses pada 12 Januari 2019. Fitriya. & Lukmawati. (2016). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Mitra Adiguna Palembang. Jurnal Islam, (Online), 2(1): 65-76, (http://jurnal.radenfatah.ac.id), diakses pada 25 Februaru 2019.
Ghufron, M. N. (2017). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media. Herawati, L. (2016). Uji Normalitas Data Kesehatan Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Poltekkes Jogja Press.
Hidayah. Nur., Atmoko. Adi., (2014). Landasan Sosial Budaya Dan Psikologi Pendidikan. Malang: Penerbit Gunung Samudera. Irawati, D. (2013). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Psikologi, (Online), 2(1): 56-78, (http://eprints.ums.ac.id), diakses pada 17 Maret 2019.
Jannah . M., & Muis T. (2014). Prokrastinasi Akademik (Perilaku Penundaan Akademik) Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Bimbingan Konseling. (Online), 4(3): 18,(https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id), diakses pada 13 Mei 2019.
Papilaya. J. O & Huliselan. N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar MahasiswaFKIP Universitas Pattimura. Jurnal Psikologi Undip, (Online), 15(1): 65-63, (https://ejournal.undip.ac.id), diakses pada 16 Mei 2019.
Roghani, L., Aghahoseini, T & Yazdani, F. (2015). The relationship between the academic procrastination and the academic self-efficacy academic achievements in female high school students in Isfahan in the 2013-2014 academic year. Journal Management Sciences, (Online), 1(12): 385-390, (https://pdfs.semanticscholar.org), diakses pada 18 Maret 2019. Saman, A. (2017). Analisis Prokrastinasi Akademik Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan). Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, (Online), 3(2): 5562, (http://ojs.unm.ac.id/JPPK/article/view/3070), diakses pada 18 Maret 2019. Santrock, J. W. (2002). A Topical Approach to Life-Span Development Internasional Edition. New York: McGraw-Hill Inc. Sekar, R.A & Anne, F. (2013). Hubungan Antara Distress dan Dukungan Sosial Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi. Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Sahid Surakarta.Jurnal Psikologi, (Online), 2(2): 50-80, (http://id.portalgaruda.org), diakses pada 14 April 2019. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suryani & Hendryadi, (2015). Metode Riset Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia Group. Wulan Dyah A. N. & Abdullah. S. M. (2014). Prokrastinasi Akademik Dalam Penyelesaian Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Jurnal Sosio-Humaniora,(Online), 5(1): 70-89 (http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id), diakses pada 12 Mei 2019. Yusuf, Syamsu & Nurihsan, Juntika, A. (2008). Teori Kepribadian. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Dengan PT. Remaja Rosdakarya.
Zusya. R. A, Akmal. Z.S, (2016). Hubungan Self Efficacy Akademik dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Sedang Menyelesaikan Skripsi Jakarta. Fakultas Psikologi Universitas Yayasan Rumah Sakit Islam Indonesia. Jurnal Psikologi, (Online), 2(3): 50-79(https://journal.uinsgd.ac.id), diakses pada 20 Maret 2019.