EFEKTIFITAS PELATIHAN BERPIKIR POSITIF DALAM MENINGKATKAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING DAN HARGA DIRI PADA LANSIA YANG MEMILIKI PENYAKIT KRONIS
DOI:
https://doi.org/10.30587/psikosains.v14i2.1270Keywords:
Kesejahteraan Psikologis, Harga Diri, Berfikir Positif, Positive Thinking, Psychological Well-Being, Self-EsteemAbstract
Abstrak Pelatihan berpikir positif memiliki hubungan dekat dengan kesejahteraan psikologis dan harga diri. Pelatihan ini merupakan bentuk dorongan menuju perubahan pola berpikir dari negatif ke positif. Berpikir positif adalah salah satu cara untuk berdampak pada bagaimana individu dapat merasakan kepuasan hidup dan memiliki harga diri yang mengarah pada perasaan percaya diri dan menerima karakteristik pribadi mereka. Penelitian ini dilakukan pada lansia yang berada di panti jompo yang memiliki penyakit kronis. Jumlah subjek penelitian ini adalah 28 orang dengan usia yang sesuai dengan kriteria lansia. Hasil uji beda menggunakan Willcoxon Psychological well-being diperoleh skor z = -4,461 dengan nilai p 0,000 signifikan pada level 1%. Artinya, ada perbedaan antara sebelum dan sesudah diberikan pelatihan berpikir positif. Hasil tes yang berbeda menggunakan Willcoxon Self-Esteem diperoleh skor z = -4,490 dengan nilai p 0,000 signifikan pada level 1%. Artinya, ada perbedaan antara sebelum dan sesudah diberikan pelatihan berpikir positif. Hipotesis diuji dengan uji korelasi Kendall's Tau antara kesejahteraan psikologis dan harga diri yang diperoleh dengan nilai r = 0,386 dengan nilai p 0,006 signifikan pada level 5%. Artinya, ada hubungan antara kesejahteraan psikologis dan harga diri. Implikasi dapat digunakan sebagai referensi untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis dan harga diri pada orang tua yang mengalami penyakit kronis melalui pelatihan dalam berpikir positif yang telah diuji secara empiris.
Kata kunci: Berpikir Positif, Kesejahteraan Psikologis, Harga Diri
Abstract Positive thinking training has a close relationship with psychological well-being and selfesteem. The training is a form of encouragement towards changing the pattern of thinking from negative to positive. Positive thinking is one way to have an impact on how individuals can feel the satisfaction of life and have self-esteem that leads to a feeling of self-confidence and accepting their personal characteristics. This study was conducted on elderly who are in nursing homes who have chronic diseases. The number of subjects of this study were 28 people with age that matched the criteria of the elderly. The result of different test using Willcoxon Psychological well-being obtained z score = -4.461 with p value of 0.000 significant at the level of 1%. That is, there are differences between before and after being given positive thinking training. The results of different tests using Willcoxon Self-Esteem obtained z score = -4.490 with a p value of 0.000 significant at the level of 1%. That is, there are differences between before and after being given positive thinking training. The hypothesis was tested by the Kendall's Tau correlation test between psychological well-being and self-esteem obtained by the value of r = 0.386 with p value of 0.006 significant at the level of 5%. That is, there is a relationship between psychological well-being and self-esteem. Implications can be used as a reference to improve psychological well-being and self-esteem in the elderly who experience chronic disease through training in positive thinking that has been empirically tested.
Keywords: Positive Thinking, Psychological Well-Being, Self-Esteem
References
Arifin, Z. (2011). Penelitian pendidikan:Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Barrows, H.S. (1996). Problem- Based Learningin Medicine Beyond: A Brief. Overview. New Direction for Teaching and Learning
Burns, D. D. (2003). Konsep Diri, Teori Pengukuran, Perkembangan dan Perilaku. Alih bahasa Eddy. Jakarta: Arcan
Coopersmith, S. (1967). The Antecedents Of Self-Esteem. San Francisco: Freeman and Company
Dakir. (1999). Dasar-Dasar Psikologi. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Damayanti, E. S & Alfi, P. (2011). Berpikir Positif Dan Harga Diri Pada Wanita Yang Mengalami Masa Premenopause.Jurnal Psikologi dalam Humanitas, 8 (2)
El-Bantanie, M. S. (2010). KekuatanBerpikirPositif. Jakarta: PT Wahyumedia
Flynn, H. K. (2003). Self Esteem Theory and Measurement: A critical review. Diunduh dari: journals.sfu.ca/thirdspace. Tanggal 1Agustus 2018
Hardywinoto & Setiabudhi, T. (2005). Panduan Gerontologi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Hardywinoto. (2005). Panduan Gerontologi: Tinjauan Dari Berbagai Aspek. Cetakan kedua. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Huppert, F. (2009). Psychological well-being: Evidence Regarding its Causes and Consequences. Applied Psychology: Health and Well-being
Hurlock, E. B. (2002). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Surabaya: Erlangga
Hutapea, B. (2011). Emotional Intelegence dan Psychological well-being pada Manusia Lanjut Usia Anggota Organisasi berbasis Keagamaan. Jakarta
Kuncoro, M. (2003). Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Erlangga
Liwarti. (2013). Hubungan Pengalaman Spiritual Dengan Psychological wellbeing Penghuni Lembaga Kemasyarakatan (Skripsi Sarjana). Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang
Myers, D. (1995). Social Psychology. New York: McGraw-Hill.
Notoatmodjo. (2010).Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Nursalam. (2003). Konsep & Penerapan Metodologi Penelitian IlmuKeperawatan: Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta
Partini, S.S. (2011). Psikologi Lanjut Usia. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Peale, N. V. (2001). Berpikir Positif. Jakarta: Bina Aksara Rupa
Peale. (2006). Positive Imaging by Norman Vincent Peale. Googlebooks.co.id
Pettigrew, S. & Michele R. (2008).Addressing Loneliness In Later Life. Journal of Aging & Mental Health.12/3. 302 –309
Rosemarry, et.al. (2006). Psychometric Evaluation And Predictive Validity Of Ryff's Psychological Well-Being Items In A Uk Birth Cohort Sample Of Women. US National Library of Medicine National Institutes of Health : PMC
Rosenberg, M. (1965). Society And The Adolescent Self-Image. Princeton, NJ: Princeton University Press
Rusdian, C. (2012). The Relationship between Psychological well-being and ParentInvolvement in EducationofIntellectual Disability Childrenin Childhood (4-11 years old). Fakultas Psikologi Universitas Indonesia
Ryff,C.D. (1989). Happiness Is Everything, or Is It? Explorations on the Meaning of Psychological WellBeing. Journal of Personality and Social Psychology. USA
Ryff, C.D., &Keyes, C.L.M. (1995). The structure of Psychological Well Being revisited. Journal of Personality and social Psychology. USA
Santrock, J. W. (1998). Adolesence. Seventh Edition. New York: Mc Graw Hill
Sarafino, E. P. (1994). Health Psychology. New York : John Wiley & Sons, Inc. Sarafino
Smeltzer & Bare. (2010). Buku AjarKeperawatan Medikal-Bedah Brunner & Suddarth Vol 2. Jakarta : EGC
Snyder, Kozier, Erb, &Berman. (2011). Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses & Praktik (7 ed., Vol. I). Jakarta: EGC. Mardiya
Soemanto W. (1998).Berpikir Positif Dan Penerimaan Diri Pada Remaja Penyandang Disabilitas. Psikologi Pendidikan. Jakarta. PT Rineka Cipta.
Tentama, F. (2010).Berpikir Positif dan Penerimaan Diri pada Remaja Penyandang Cacat Tubuh Akibat Kecelakaan. Humanitas, 7 (1), 66-75
Timmreck, C.T. (2005). Epidemiologi Suatu Pengantar Edisi 2. Terjemahan oleh Munaya Fauziah, dkk. Jakarta : EGC
Wiyono, N. H. (1994). Mobilitas Penduduk dan Revolusi Transportasi, Warta. Demografi No. 3. Lembaga Demografi UI : Jakarta