EFEKTIVITAS PELATIHAN EMPATI TERHADAP PENURUNAN PERILAKU BULLYING DITINJAU DARI TINGKATAN KELAS
DOI:
https://doi.org/10.30587/psikosains.v14i2.1274Keywords:
Pelatihan Empati, Perilaku Bullying, Tingkatan Kelas, empathy training, bullying behaviour, class levelAbstract
Abstrak
Salah satu fenomena hambatan sosial pada anak-anak adalah kekerasan, dan kasus kekerasan yang marak terjadi yakni perilaku bullying. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas pelatihan empati untuk meningkatkan empati siswa pelaku bullying, melihat hubungan antara peningkatan empati dengan penurunan perilaku bullying, Menguji perbedaan tingkat empati setelah pelatihan empati, dan melihat penurunan perilaku bullying pada siswa pelaku bullying. Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperiment PrePost Test One Group Design. Subjek dalam penelitian quasi eksperimen ini berjumlah 8. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala empati yang dibuat berdasarkan aspek empati milik Davis, dan skala bullying yang dibuat berdasarkan unsur bullying menurut Olweus. Analisa data menggunakan Mann Whitney dan Spearman Brown. Berdasarkan hasil analisis Mann Whitney hasil uji efektivitas pelatihan empati terhadap peningkatan empati menunjukkan hasil nilai Z -2366 dan nilai p=0.018 (p<0.05) hasil tersebut menunjukan pelatihan empati efektif terhadap peningkatan empati. Uji Korelasi Peningkatan Empati dengan Penurunan Bullying Siswa Kelas IV dan V menunjukan nilai Correlation Coefficient -0.012 dan nilai p= 0,977 artinya p=0.000(p>0.05) hasil tersebut menunjukan tidak ada korelasi antara peningkatan empati dengan penurunan bullying. Hasil uji perbedaan empati siswa kelas IV dan V menunjukkan hasil nilai Z -.607, dan nilai p=0.544 (p>0.05) artinya tidak ada perbedaan empati yang signifikan. Hasil uji penurunan bullying siswa kelas IV dan V menunjukkan hasil nilai Z -2.084, dan nilai p=0.037 (p<0.05) di mana hasil tersebut menunjukan terjadi penurunan bullying yang signifikan. Kata kunci: Pelatihan Empati, Perilaku Bullying, Tingkatan Kelas
Abstract
One of social barrier phenomena happened to children is violence, and what mostly happened is bullying behavior. The research is aimed to examine the effectiveness of empathy training in improving the empathy feeling for the students as the bullies, to observe the correlation between the improvement of empathy feeling and the declining of bullying behavior, to examine the difference between the empathy level after the empathy training, and to observe the declining of bullying behavior toward the students as the bullies. The method of the research is Quasi Experiment Pre-Post Test One Group Design. The number of the subject in this quasi eperiment research is 8. This research were using purposive sampling technique. The measuring instrument used in the research is empathy scale which is made based on bullying component according to Olweus. The data in the research is analyzed by using Mann Whitney and Spearman Brown’s formula. Based on the result of Mann Whitney analysis, the result on effectiveness test of empathy training toward the improvement of empathy feeling show that the value are Z -2366 and p=0.018 (p<0.05). The result shows that empathy training is effective toward the improvement of empathy feeling. Correlation test on the improvement of empathy feeling and the declining of bullying behavior of students in 4th and 5th grade show that the value of Correlation Coefficient are -0.012 and p= 0,977 it means p=0.000(p>0.05). The result shows that there is no correlation between the improvement of empathy feeling and the declining of bullying behavior. The result of the difference on empathy feeling of students in 4th and 5th grade show the value as much as Z -.607, and the value of p=0.544 (p>0.05), there is no significant difference of empathy. The result of the declining of bullying behavior test of students in 4th and 5th grade show the value of Z -2.084, and the value p=0.037 (p<0.05). The result shows that there is significant declining of bullying behavior. Keywords: empathy training, bullying behaviour, class level
References
Azhari. (2017). Implementasi Konseling Kelompok Dalam Mengatasai Praktik Bullying Pada Peserta Dididk di SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta.Tesis.Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sunan Kalijaga : Yogyakarta
Anis, M. Chanum, I. Rahmat, D. (2015) . Pengaruh Konseling Kelompok dengan menggunakan Teknik Menulis Jurnal Untuk Mengurangi Perilaku Bullying. Tesis. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta : Jakarta
Astuti, P.R. (2008). Meredam Bullying : 3 cara efektif menanggulangi kekerasan pada anak. Jakarta: PT Grasindo.
Azwar, S. (2010). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Beane, A L. (2012). Protect your child from bullying (expert advice to help you recognize, prevent, and stop bullying before your child gets hurt).USA: Josse- Bass.
Black, S.A & Jackson, E. (2007). Using Bullying Incident Density to Evaluate the Olweus Bullying Prevention Programme. School psychology international, 28 (20), 550553
Buss, A. H., Perry, M. (1992). The Aggression Questionnaire. Journal of Personality and Social Psychology. 63 (3), 452-459.
Coloroso, B. 2006. Penindas, Tertindas, dan Penonton. Resep Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU. Jakarta : Serambi
Dariyo, A. (2007). Psikologi Perkembangan. Bandung : PT Refika Aditama
Darmadi, Hamid. 2016. Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Alfabeta.
Davis, M. (2008). Measuring Individual Differences in Empathy: Evidence a Multidimensional Approach. Journal of Personality and Social Psychology. 44 (1), 113-126 Fataruba, R. (2015). Peran Teman Sebaya terhadap Perilaku Bullying pada remaja di Sekolah. Tesis. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang : Malang
Finkenauer, C., Engels, Rutger.C.M.E., & Baumeister, R.F. (2005). Parenting behavior and adolescent behavioral and emotional problems: The role of self-control. International Journal of Behavioral Development. 29 (1), 58-69.
Flora, R. (2014). Mengurangi Perilaku Bullying Kelas X-4 Melalui Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Di Sma Negeri 12 Medan Tahun Ajaran 2012/ 2013. Jurnal Saintech, Vol 06 (2): 34-44
Freud, S. (2006). Pengantar umum psikoanalisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Gerdes, K.E and Segal, E.A. (2009). A Social Work Model Of Empathy. Journal Advance In Social Work. Vol 10 (2): 114-127 Goodwin, V. L., et al. (2009). A Theoretical and Empirical Extension to the Transformational Leadership Construct. Journal of Organizational Behavior, Vol 22, No 7: 759-774.
Haditono, S. (2006). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gajahmada University Press
Halimah, A., Khumas, A.,& Zainuddin, K. (2015). Persepsi pada bystander terhadap intensitas bullying pada siswa SMP. Jurnal Psikologi, 42(2), 129- 140
Hanurawan. (2010). Psikologi Sosial. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Hartinah, S. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Refika Aditama
Haynie DL et al, (2001). Bullies, victims, and bully/victims: Distinct groups of at-risk youth. Journal of Early Adolescence, 21(1), p. 29-49.
Hertinjung, W.S dan Karyani, U. (2015). Profil Pelaku dan Korban Bullying Di Sekolah Dasar. The 2nd University Research Coloquium. (4): 109-120
Hoffman, & Martin (2000). Empathy and moral development: implication for caring and justice. Cambridge. Cambridge University press.
Howe, D. (2015). Empati : Makna dan Pentingya. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Howard, G. (2002). Frances of Mind : The Theory of Multiple Intelligence. New York: Basic Book.
Hurlock, E.B. (2005). Perkembangan anak (jilid 1). Jakarta: Erlangga
Ioannidou, F and Konstantikaki, V. (2008). Empathy and Emotional Intelligence : What is it really about. International Journal Of Caring Sciences 1 (3): 118-123
Jensen, E. (2008) Brain-Based Learning, Pembelajaran Berbasis Kemam-puan Otak, Cara Baru dalam Pengajaran dan Pelatihan, (Edisi Revisi) terjemahan: Narulita Yusron. Yogyakarta: Indeks
Kartono, K. (2003). Patologi Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Upaya Kesehatan Anak: Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2014
Knapp, P. E et.al. Mastergeorge, A. (2007) Feasibility of Expanding Services for Very Young Children in the Public Mental Setting. Journal of the American Academy of Child and Adolescent Psychiatry 46 (2): 152-161 dalam http://www.nccp.org/publicatio ns/pub_882.html, diakses 16 Oktober 2018
Koeswara, E. (1988). Agresi Manusia. Bandung: PT Eresco.
KPAI. 2018. Kasus Bullying di Sekolah Meningkat Selama 2018. Artikel (Online). : http://www.kpai.go.id/berita/kpai-kasusbullying-di-sekolah-meningkat-selama-2018/ diakses pada 16 November 2018
Lagmin, Gomez. (2016). Bullying Prevention – UNICEF Report Reveals Bullying Is a Worldwide Problem. Diakses pada 2 Oktober 2018 dari : http://www.thegomezfirm.com/bullying-prevention-unicef/
Lestari, D. (2013). Menurunkan Perilaku Bullying Verbal Melalui Pendekatan Konseling Singkat Berfokus Solusi. Jurnal Pendidikan Penabur, 21-36
Lusiana. L. Thalib, M. Munifah (2017). Efektivitas Layanan Konseling kelompok Behavioral Dalam Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Siswa Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) SMK NEGERI 5 Palu. Jurnal Konseling & Psikoedukasi. Vol. 2, (2) 39-50
Mercer, S.W and Reynolds, W.J. (2002). Empathy And Quality Of Care. British Journal Of General Practice, 52: 9-13
Mudjijanti, F. (2011). School Bullying dan Peran Guru Dalam Mengatasinya. Surabaya: Universitas Katolik Widya Mandala
Myers, D.G. (2010). Psikologi Sosial edisi 10. Jakarta: Salemba Humanika.
Nashori, F. 2008. Psikologi Sosial Islami, Jakarta : PT Refika Aditama Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Natalia, D. Novitasari, Nurhayanti, (2013). Tipe Pola Asuh Orang Tua yang Berhubungan dengan Perilaku Bullying di SMA Kabupaten Semarang. Jurnal Keperawatan Jiwa. 01 (01),49-69
Olweus, D. (2006). Bullying at school. Australia : Blackwell publishing
Papalia, D.E., Old, S.W & Feldman, R.S. (2007). Human Development. Perkembangan Manusia. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.
Piaget, Jean, & Barbel Inhelder. (2010) Psikologi Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Pratiwi. (2014). Perilaku Prososial ditinjau dari Empati dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi, Volume I, No 1. Kudus: Universitas Muria Kudus.
Priyatna. Andri, (2010). Let’s End Bullying. Jakarta : PT. Elex Media Komputerindo, Gramedia.
Robbins, Stephen P. (2001) Perilaku Organisasi, Konsep, Kontrovesi, Aplikasi. PT Prenhallindo, Jakarta.
Saifullah, F. (2016). Hubungan antara konsep diri dengan bullying pada Siswa SMP Negeri 16 Samarinda. Jurnal Psikologi. 4, (2) 200- 214.
Sari, P. (2010). Coping Stress Pada Remaja Korban Bullying Di Sekolah X. Jurnal Psikologi Volume 8 Nomor 2
Saripah, I. (2010). Model Konseling Kognitif Perilaku Untuk Menanggulangi Bullying Siswa. Proceedings Of The 4th International Conference On Teacher Education : Join Conference Upi &Upsi Bandung, Indonesia 720- 726
Schneider, A. (2004). Personal Adjustment And Mental Health. New York: Holt Riechart & Winston, Inc. Sears, D. O, Jonathan, F, Anne, P. (2009). Psikologi Sosial jilid 2.Alih Bahasa: Michael Adriyanto. Jakarta: Erlangga. (Edisi Kelima)
SEJIWA. (2008). Bullying : Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Sobur, A. (2009) Psikologi Umum. Bandung: CV. Pustaka Setia
Stanbury, et-al. (2009). The Effect Of An Empathy Building Program On Bullying BehaviorThe Canadian. Journal Of Psychiatry, 48: 577-582
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suharjo. (2006). Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar Teori dan Praktek. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan. Jakarta.
Sullivan K, Cleary M, Sullivan G. (2005). Bullying in Secondary Schools. California: Corwin Press.
Sumantri, M dan Syaodih, N. (2007). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas terbuka.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group
Syamsuddin dan Damayanti. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Taufik (2012). Empati pendekatan psikologi sosial. Jakarta: Rajawali Press.
Taylor,S.E.,Peplau,L.A.,&Sears,O.S.(2009). Psikologi sosial. Edisi.12. Jakarta: EGC
Triady, K. (2017). Perilaku Bullying di Kalangan Anak Usia Sekolah. kompasiana.com/kevintr/5909e7692123bdf0378b4567/eksistensi-perilaku- bullying-di-kalangan-anak-usia-sekolah. Diunduh pada 18 Oktober 2018
http://www.tribunnews.com/regional/2018/09/03/aksi-bullying kembalimenimpaanak- sddikeroyok-dimaki-dan-dipukul diunduh pada 19 Oktober 2018
Usman, I. (2013). Kepribadian, Komunikasi, kelompok Teman Sebaya, Iklim Sekolah dan perilaku Bullying. Jurnal Humanitas Vol. X No. 1, 2013, h. 51.
Yusuf, H & Adi F. (2012). Perilaku Bullying : Asesmen Multidimensi Dan Intervensi
Sosial.Jurnal Psikologi Undip, 11 (2) : 1-10