PELESTARIAN PERMAINAN TRADISIONAL “JENGKIAN” UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

  • Kurniatus Sa’adah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Lailatul Fauziyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nanang Khoirul Umam Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Kurangnya minat belajar bahasa Inggris siswa MTs Muhammadiyah 09 Weru Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, oleh karena itu program kerja ini mengambil langkah untuk menggunakan permainan tradisional “Jengkian” sebagai media pembelajaran bahasa Inggris di kelas VIII dengan materi “Attention”. Berdasarkan survey yang telah dilakukan terdapat masalah tentang kurangnya minat belajar siswa di MTs Muhammadiyah 09 Weru Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, hampir semua siswa merasa bahwa metode yang digunakan dalam pembelajaran terlalu membosankan sehingga siswa mengalami kesuliatan menerima materi yang disampaikan. Pengembangan produk lokal tidak meninggalkan pemaknaan sehingga nilai lokal tidak akan hilang dan terus berkelanjutan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk melestarikan permainan tradisional “Jengkian” untuk media pembelajaran sehingga permainan tradisional terus berkembang dan tidak meninggalkan karakter lokal pada masyarakat. Metode yang digunakan dalam
penelitian yaitu eksploratif dengan pendekatan saintifik dimana instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam permainan tradisional engklek terdapat unsur pembelajaran bahasa Inggris dimana kotak yang digunakan dalam permainan tradisional engklek sampar adalah berbentuk persegi dan persegi panjang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 27, 2023
How to Cite
SA’ADAH, Kurniatus; FAUZIYAH, Lailatul; UMAM, Nanang Khoirul. PELESTARIAN PERMAINAN TRADISIONAL “JENGKIAN” UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 275-281, oct. 2023. ISSN 3030-8895. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/prosidingkkn/article/view/6647>. Date accessed: 21 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i1.6647.
Section
Articles