PEMBELAJARAN MENYENANGKAN BERBASIS KELAUTAN

  • Fauziatur Rohmah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nadaa Mariyah Luthfiana Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Berlian Fi Sabilillah Rahmadhani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Arya Setya Nugroho Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Sekolah Dasar adalah Pendidikan pertama dalam system wajib belajar 9 tahun dalam hal ini seorang peserta didik diharapkan dapat memahami setiap pembelajaran dengan baik serta dengan motivasi yang tinggi. Namun di usianya yang berada pada tahap fase perkembangan kanak-kanak akhir maka peserta didik selalu membutuhkan sesuatu hal yang baru dan tidak dapat terjebak dengan kegiatan yang berulang-ulang sama karena bagi peserta didik terasa terlalu membosankan. Hal tersebut juga berlaku pada proses pembelajaran yang mereka hadapi, Melihat situasi tersebut maka seorang pendidik perlu menciptakan suasana pembelajaran yang unik yakni kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan melibatkan peserta didik dalam pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan sebuah kegiatan pembelajaran yang menyenangkan kepada peserta didik Madrasah Ibtidaiyah (MI) Islamiyah Paloh. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan praktis dimana peserta didik diberikan sesi pembelajaran yang menyenangkan dengan dilibatkan dalam suatu praktek secara langsung dengan bantuan media pembelajaran dan juga pemanfaatan limbah yang ada pada lingkungan di sekitar sekolah tersebut sesuai dengan kondisi geografisnya. Dengan penelitian ini diharapkan memberikan sebuah kontribusi positif dan menjadikan pembelajaran yang efisien dan efektif bagi peserta didik sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 24, 2023
How to Cite
ROHMAH, Fauziatur et al. PEMBELAJARAN MENYENANGKAN BERBASIS KELAUTAN. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 141-145, oct. 2023. ISSN 3030-8895. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/prosidingkkn/article/view/6604>. Date accessed: 21 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i1.6604.
Section
Articles