SOSIALISASI PEMBUATAN STAND BOOTH PORTABEL DENGAN MENGENALKAN PRINSIP ERGONOMI DEMI MENINGKATKAN UMKM DESA PALOH, KECAMATAN PACIRAN, KABUPATEN LAMONGAN

  • Muhammad Syafiqul Ma’arif Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sohib Ariyanto Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Rayya Rahmat Rabani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Arya Setya Nugroho Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Sosialisasi menjadi salah satu sarana tempat untuk menimbah ilmu. Tujuan sosialisasI yaitu memberikan pemahaman tentang suatu hal kepada individu maupun kelompok masyarakat. Ergonomi itu sendiri merupakan ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan lingkungan kerjanya. Tujuannya adalah untuk merancang tempat kerja atau lingkungan interaksi sedemikian rupa sehingga sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan manusia. Ergonomi berfokus pada optimisasi desain agar pengguna dapat bekerja dengan nyaman, efisien, dan aman. Dalam konteks stand booth portable, ergonomi mencakup aspek-aspek seperti ketinggian meja atau kursi yang sesuai, penempatan produk atau materi pemasaran agar mudah dilihat dan diakses, pencahayaan yang tepat, serta desain yang memperhitungkan berbagai kebutuhan pengguna. Dengan memperhatikan ergonomi, seseorang dapat mencoba atau menciptakan kondisi yang meminimalkan ketidaknyamanan dan resiko cedera akibat postur buruk atau Gerakan yang berlebihan. Ergonomi didefinisikan sebagai suatu disiplin ilmu yang mengkaji keterbatasan, kelebihan, serta karakteristik manusia, dan memanfaatkan informasi tersebut dalam merancang produk, mesin, fasilitas, lingkungan dan bahkan sistem kerja, dengan tujuan utama tercapainya kualitas kerja yang terbaik tanpa mengabaikan aspek kesehatan, keselamatan, serta kenyamanan manusia penggunanya (Irisdiastadi & Yassierli, 2014). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ergonomi erat kaitannya dengan kenyamanan, keamanan, dan kesehatan dalam bekerja dan beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 24, 2023
How to Cite
MA’ARIF, Muhammad Syafiqul et al. SOSIALISASI PEMBUATAN STAND BOOTH PORTABEL DENGAN MENGENALKAN PRINSIP ERGONOMI DEMI MENINGKATKAN UMKM DESA PALOH, KECAMATAN PACIRAN, KABUPATEN LAMONGAN. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 119-123, oct. 2023. ISSN 3030-8895. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/prosidingkkn/article/view/6600>. Date accessed: 22 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i1.6600.
Section
Articles