Analisis Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual : Tinjauan Self Efficacy
Tinjauan Self Efficacy
DOI:
https://doi.org/10.30587/postulat.v5i1.8173Keywords:
Kemampuan pemecahan masalah, self efficacyAbstract
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan mengklarifikasi kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan situasi kehidupan nyata dan seberapa percaya diri mereka dengan kemampuan mereka sendiri. Penelitian ini tergolong dalam penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTs. Penaber di Sukaoneng, Kecamatan Tambak. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelas VIII MTs. Penaber pada tahun ajaran 2023/2024. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi penggunaan angket, tes, dan wawancara. Efikasi diri siswa dinilai dengan menggunakan jawaban angket, dan hasil tes kemampuan pemecahan masalah diperiksa berdasarkan tingkat efikasi diri yang berbeda. Selain itu, wawancara juga dilakukan untuk melengkapi data mengenai kemampuan pemecahan masalah pada berbagai tingkat efikasi diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menunjukkan kemampuan pemecahan masalah tingkat tinggi dan memiliki kemampuan efikasi diri yang tinggi memperoleh nilai rata-rata 87. sedang memperoleh skor rata-rata 93. Siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah dan efikasi diri yang sedang memperoleh skor rata-rata 76,5. rendah memperoleh skor rata-rata 70, sedangkan siswa dengan kemampuan pemecahan masalah dan efikasi diri rendah memperoleh skor rata-rata 38.
References
Bandura, A. (1997). Theoretical Perspectives: the nature of human agency. In Self-efficacy. The Exercise of Control. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=a9h&AN=9703260522&site=ehost-live
Depdiknas. (2006). Permendiknas N0 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. 21–30. https://doi.org/10.1002/ejoc.201200111
Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan Self-Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 24–30.
Kurniawan, A., Setiawan, D., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berbantuan Soal Kontekstual Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 271–282.
May, D. K. (2009). Mathematics Self-efficacy and Anxiety Questionnaire. Dissertation The University of Georgia, 1–93.
Polya, G. (1973). How To Solve It Polya : A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey : Pricenton University Press.
Rasid, M., Surahmat, & Faradiba, S. S. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self-Efficacy Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Pada Kelas Viii Smp Negeri 04 Satu Atap Mukok Kabupaten Sanggau. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 16(32), 76–86. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/15558
Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605