Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Tutor Sebaya Pada Materi Ukuran Penyebaran Data Kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Patuk
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah proses pembelajaran melalui penerapan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi ukuran penyebaran data Kelas XII. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: Pada siklus I persentase ketuntasan belajar 40,91%, pada siklus II 72,73% dan pada siklus III 81,81%. Adapun hasil analisis aktivitas guru pada siklus I 75,59 dengan kategori cukup, siklus II 80,95 dengan kategori baik dan pada siklus III 88,09 dengan kategori baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus I sebesar 63,71 dengan kategori cukup, pada siklus II 70,43 dengan kategori cukup dan pada siklus III meningkat menjadi 81,72 dengan kategori baik. Simpulan yang dapat diambil adalah melalui tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi ukuran penyebaran data kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Patuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Peneliti menyarankan agar pembelajaran melalui tutor sebaya dapat digunakan sebagai alternatif bagi guru dalam pembelajaran agar siswa dapaat termotivasi sehingga mampu meningkatkan hasil belajar