Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Sufri Mashuri Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Nasruddin Nasruddin Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Sarida Sarida Universitas Sembilanbelas November Kolaka

DOI:

https://doi.org/10.30587/postulat.v1i2.2092

Keywords:

Analisis kesalahan siswa, pemecahan masalah matematis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dan faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa SMA. Penyelesaian soal pemecahan masalah berdasarkan langkah penyelesaian Polya terdiri dari empat tahap, yatu memahami soal, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali jawaban yang telah diperoleh. Jenis kesalahan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah jenis kesalahan berdasarkan langkah penyelesaian Polya, yaitu kesalahan memahami soal, kesalahan menyusun rencana, kesalahan melaksanakan rencana dan kesalahan memeriksa kembali jawaban yang telah yang diperoleh. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan jumlah sampel 40 orang siswa. Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes uraian yang terdiri dari 5 soal. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa terdapat empat jenis kesalahan yang dilakukan siswa saat menyelesaikan soal 141 142 Sufri Mashuri 1 , Nasruddin1* , Sarida2 : Analisis Kesalahan Siswa dalam….. yang diberikan. Kesalahan tersebut adalah 1) memahami soal sebesar 31,70%; 2) kesalahan menyusun rencana sebesar 36,58%; 3) kesalahan melaksanakan rencana sebesar 35,60%; dan 4) kesalahan memeriksa kembali jawaban yang telah diperoleh sebesar 59,51%. Pada penelitian ini faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis adalah faktor internal siswa

References

Djidu, H., & Retnawati, H. (2018). Cultural values-integrated mathematical learning model
to develop HOTS and character values. In E. Retnowati, A. Ghufron, Marzuki,
149
Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Kasiyan, A. C. Pierawan, & Ashadi (Eds.), Character Education for 21st Century
Global Citizens (pp. 363–370). Routledge. https://doi.org/10.1201/9781315104188-46.
Jailani, J., Heri Retnawati, H. R., Wulandari, N. F., & Djidu, H. (2020). Mathematical
literacy proficiency development based on content, context, and process. Problems of
Education in the 21st Century, 78(1), 80–101. https://doi.org/10.33225/pec/20.78.80.
Harianto, E., Nursalam, L. O., Ikhsan, F. A., Zakaria, Z., Damhuri, D., & Sejati, A. E.
(2019). The compatibility of outdoor study application of environmental subject using
psychological theories of intelligence and meaningful learning in senior high school.
Geosfera Indonesia, 4(2), 201–216. https://doi.org/10.19184/geosi.v4i2.9903.
Harun, C. Z. (2013). Manajemen pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(3),
302–308. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.2752.
Hidayah, S. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Tentang
Perbandingan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas
Kanjuruhan Malang, 1, hal. 182–190.
Mardianto. M. 2012. Psikologi Pendidikan. Medan: perdana Publishing, hal.54.
Nasruddin, N., & Jahring, J. (2019). Efektivitas penerapan model pembelajaran reciprocal
teaching dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Saintifik:
Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 5(1), 27–35.
https://doi.org/10.31605/saintifik.v5i1.195.
Nasruddin, N., Mashuri, S., & Jahring, J. (2019). Implementation of team assited
individualization instructional strategies supported by Geogebra software to improve
mathematical problem solving ability. Jurnal Pendidikan Progresif, 9(1), 16–21.
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jpp/article/view/17910.
Nasruddin, N., Mashuri, S., & Nafiah, U. (2020). Peningkatan hasil belajar matematika
pada materi segitiga melalui pendekatan penemuan terbimbing Siswa SMP. Jurnal
Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 80.
https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.169.
Rahmawati, D., & Permata, L,D., 2018. Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan
soal cerita program linear dengan prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran
Matematika, 5(2), hal. 173-185.
Susanto, A. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematis, model reciprocal teaching
dan model AIR auditory intellectualy repetition. Matematika Dan Pendidikan
Matematika, 3(2), 219–230. https://doi.org/10.15548/mej.v3i2.677.
Sulistiawati, D. 2017. Pengaruh model pembelajaran generative terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VII H dan G SMP Negeri 1
Cikarang Barat. JKPM (jurnal kajian pendidikan matematika) 2(2), hal. 219-226.
Journal.Ippmunindra.ac.id.
Yarmayani, A. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI
Mipa Sma Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah DIKDAYA, 6(2), hal. 12–19.

Downloads

Published

2020-12-05

How to Cite

Mashuri, S., Nasruddin, N., & Sarida, S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1(2), 141–149. https://doi.org/10.30587/postulat.v1i2.2092

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.