Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Model Industri Kecil Menengah Produksi Batik (Studi Kasus di CV. Batik Akasia)

  • Yuni Aisyah Universitas islam indonesia
  • Elisa Kusrini Universitas islam indonesia

Abstract

Industri kreatif mempunyai kontribusi peningkatan perekonomian di Indonesia. Industri kreatif dituntut maju dan berkembang menghadapi persaingan global. Salah satu yang dapat dilakukan dengan melalui implementasi strategi bisnis dengan penerapan bisnis model canvas. Model canvas yang digunakan untuk melakukan perbaikan dan menciptakan inovasi sistem bisnis yang sudah berjalan. Permasalahan alternatif strategi bisnis juga terjadi di CV. Batik Akasia. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan kriteria usaha berkelanjutan yang sudah dijalankan dan mendapatkan usulan alternatif strategi bisnis dengan pendekatan bisnis model canvas. Metode penelitian adalah analisa deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan kekuatan utama perusahaan adalah desain motif khusus dan kelemahan utama perusahaan adalah bagian pemasaran. Peluang utama perusahaan adalah produk warna alam belum banyak produksi dan ancaman utama perusahaan tingkat persaingan yang tinggi baik dari dalam ataupun luar negeri. Berdasakan hasil matriks SWOT dan QSPM didapatkan alternatif strategi yaitu melakukan inovasi desain motif yang menarik, mengimplementasikan program dari pemerintah untuk mengembangkan usaha, dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas produk

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 30, 2021
How to Cite
AISYAH, Yuni; KUSRINI, Elisa. Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Model Industri Kecil Menengah Produksi Batik (Studi Kasus di CV. Batik Akasia). Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, [S.l.], v. 21, n. 2, p. 175 - 184, mar. 2021. ISSN 2621-8933. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/view/2184>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v21i2.2184.
Section
Articles