Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Model Industri Kecil Menengah Produksi Batik (Studi Kasus di CV. Batik Akasia)
DOI:
https://doi.org/10.30587/matrik.v21i2.2184Keywords:
industri kreatif, produksi batik, model bisnis.Abstract
Industri kreatif mempunyai kontribusi peningkatan perekonomian di Indonesia. Industri kreatif dituntut maju dan berkembang menghadapi persaingan global. Salah satu yang dapat dilakukan dengan melalui implementasi strategi bisnis dengan penerapan bisnis model canvas. Model canvas yang digunakan untuk melakukan perbaikan dan menciptakan inovasi sistem bisnis yang sudah berjalan. Permasalahan alternatif strategi bisnis juga terjadi di CV. Batik Akasia. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan kriteria usaha berkelanjutan yang sudah dijalankan dan mendapatkan usulan alternatif strategi bisnis dengan pendekatan bisnis model canvas. Metode penelitian adalah analisa deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan kekuatan utama perusahaan adalah desain motif khusus dan kelemahan utama perusahaan adalah bagian pemasaran. Peluang utama perusahaan adalah produk warna alam belum banyak produksi dan ancaman utama perusahaan tingkat persaingan yang tinggi baik dari dalam ataupun luar negeri. Berdasakan hasil matriks SWOT dan QSPM didapatkan alternatif strategi yaitu melakukan inovasi desain motif yang menarik, mengimplementasikan program dari pemerintah untuk mengembangkan usaha, dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas produk
References
Bank Indonesia. Statistik Perbankan Indonesia Vol 13 No 4 Maret 2015. diakses dari www.bi.go.id pada tanggal 24 Juni 2015.
Bochen, N., Boons, F & Baldassarre, B. (2019). Sustainable business model experimentation by understanding ecologies of business models. Journal of Cleaner Production 208 (2019) 1498-1512.
David, Fred R. 2006. Manajemen Strategis. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.
Harahap.S,S 2013, Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, Cetakan Kesebelas, Penerbit Rajawali Pers, Jakarta
Hubeis M, Najib M. 2014. Manajemen Strategi dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi. Jakarta (ID): PT Elex Media Komputindo.
Ibrahim. N., & Verliyantina, (2012) The Model of Crowdfunding to Support Small and Micro Businesses in Indonesia Through a Web-based platform. Procedia Economics and Finance 4, 2012, 390 – 397.
Ibrahim. Z., Abdullah. F & Ismail. A (2016) International Business Competence and Small and Medium Enterprises, Social and Behavioral Sciences 224 (2016) 393 – 400.
Jarring. T.A.M., Jaramillo. I.E.P., & Castorena, D.G, (2016).Methodology for the of building process integration of Business Model Canvas and Technological Roadmap. Technological Forecasting and Social Change
Volume 110, September 2016, Pages 213-225.
Joyce. A & Paquen. L,R (2016), The triple layered business model canvas: A tool to design more sustainable business models. Journal of Cleaner Production 135 (2016) 1474-1486.
Jogiyanto, H.M., 2005, Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, ANDI, Yogyakarta
Knight, G. & Kim, D. (2009). International business competence and the contemporary firm. Journal of International Business Studies, Vol. 40, No. 2 (Feb. - Mar., 2009), pp. 255-273
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Milenium, Jakarta,Prehallindo.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2001, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1,2 Edisi Kedelapan,Jakarta,Erlangga.
Kotler, Philip. 2003. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, Philip and Keller, K. Lane (2014). Marketing Management. Global Edition 14e. England : Pearson.
Kato. M., Charoenrat Teerawat,(2017) Business Continuity Management of Small and Medium Sized Enterprises: Evidence from Thailand. International Journal of Disaster Risk Reduction. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2017.10.002
Keane. S.F., Cormican. K.T, & Sheahan, J.N.(2018) Comparing how entrepreneurs and managers represent the elements of the business model canvas. https://doi.org/10.1016/j.jbvi.2018.02.004.
Kurniawan, Angga.(2018). Strategi dan Model Pengembangan Bisnis Berkelanjutan pada Usaha Kerajinan Batik CV. Tobal Batik Pekalongan.
Nurindraty, C dan Darmawan, A. (2018) analisis strategi model business pada produk industri pariwisata dengan pendakat model canvas. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 55 No. 1 Februari 2018
Osterwalder, A & Pigneur, Y.(2012).
Business Model Generation.New
Jersey (US): Jhon Willey and
Sons,Inc.
Pieroni Paduan, D.M., Pigosso. D.C.A, & Mcalone. T.C (2018) Sustainable qualifying criteria for designing circular business models, Procedia CIRP 69 (2018) 799 – 804.
Rangkuti, Freddy. 1997. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Slamet, R., Nainggolan. B., Roessobiyatno.Ramdani H., Agung Hendriyanto A & Ilma.L (2016). strategi pengembangan ukm digital dalam menghadapi era pasar bebas. Jurnal Manajemen Indonesia, Vol 16 No 2 April 2016.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 195 Tentang Usaha Kecil