Perancangan Strategi Pengembangan Bisnis Industri Jeans Pada UKM X Menggunakan Analisis SWOT

Authors

  • Musaddad Alfani Universitas Islam Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30587/matrik.v23i1.3358

Keywords:

Fashion, Jeans, SWOT, QSPM

Abstract

Industri bidang fashion menjadi salah satu sektor industri yang banyak digeluti saat ini karena pakaian menjadi kebutuhan primer setiap orang. Model fashion selalu cepat berubah dari tahun ke tahun. Salah satu fashion yang digemari berbagai kalangan tak terkecuali mahasiswa ialah jeans karena dianggap dapat dengan mudah dipadukan dengan apapun. Persaingan pasar fashion cukup besar karena UKM yang bergerak di bidang ini sangat banyak salah satunya UKM X. Untuk dapat bertahan dan terus bersaing, tentunya UKM X perlu untuk menerapkan strategi yang efektif dan efisien. Perlu untuk mengevaluasi bagaimana sistem bisnis yang selama ini berjalan. Dilakukan penelitian untuk menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi proses bisnis yang ada di UKM X. Penelitian dilakukan menggunakan metode analsisi SWOT dan QSPM. Berdasarkan hasil pada analisis IE posisi UKM X berada pada sel 1 yaitu Growth and Build dan kemudian dari hasil diperumusan strategi menggunakan analisis SWOT dirumuskan 5 strategi. Dari 5 strategi tersebut akan dilakukan pengurutan prioritas strategi yang dapat dilakukan yaitu melakukan ekspansi atau memperluas bisnis, meningkatkan kemampuan manajemen untuk mencapai tujuan perusahaan, mengoptimalkan keunggulan produk dengan terus mempertahankan mutu dan berinovasi, memanfaatkan teknologi untuk memperluas kegiatan pemasaran, meningkatkan kegiatan promosi agar mampu mempengaruhi loyalitas konsumen.

References

[1] J. Jesica and S. & Kempa, “Analisis Strategi Bisnis Pada Click Fashion,” Agora, vol. 4, no. 2, 2016, [Online]. Available: https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/4819.
[2] Aslin Yuliana and Didip Diandra, “Analsis Strategi Bisnis Busana Muslimah Merek Qanitana Pada Cv.Xyz,” Ekon. dan Manaj., vol. 7, no. 2, pp. 161–173, 2018, [Online]. Available: https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/ema/article/view/744.
[3] A. Sarmada and N. Latief, “Strategi Pengembangan Usaha Unggul Bersaing dan Bekelanjutan Pada Bisnis Kreatif,” J. Ekon. Bisnis, vol. 18, no. 1, pp. 44–53, 2019, doi: 10.32722/eb.v18i1.3260.
[4] D. E. Sukarjono, “Analisis Strategi Bersaing Penjualan Produk Pakaian Pedagang- Pedagang di Pasar Parung Panjang Bogor Terhadap Pedagang di Pasar Lain,” Inov. - J. Ilm. Ilmu Manaj., vol. 3, no. 2, pp. 73–90, 2016, doi: 10.32493/Inovasi.v3i2.p%25p.105.
[5] A. Rahman, H. Aryanto, and A. Christiana, “Perancangan Media Promosi Produk Fashion dari Pengelolaan Limbah Fashion,” J. DKV Adiwarna, vol. 1, no. 14, 2019, [Online]. Available: https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/8632.
[6] B. F. Putri and T. Gunawan, “ANALISIS STRATEGI BISNIS TOKO KOLEKSI MAMA DALAM,” J. Adm. Bisnis, vol. 14, no. 1, pp. 42–55, 2018, doi: 10.26593/jab.v14i1.3779.42-55.
[7] E. Setyawati and A. Achsa, “Strategi Peningkatan Omset Penjualan Pedagang Pakaian Melalui Marketing Mix Studi Pada Pasar Muntilan, Kabupaten Magelang,” E-Bisnis J. Ilm. Ekon. dan Bisnis, vol. 14, no. 1, pp. 55–67, 2021, doi: 10.51903/e-bisnis.v14i1.344.
[8] N. Atikah, Najma. Moelino, “Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT dan QSPM (Studi Kasus :Restoran Ramen Aboy),” Manaj. dan Bisnis, vol. 6, no. 1, pp. 88–99, 2021, doi: 10.33005/mebis.v6i1.208.
[9] T. Yuliaty, C. S. Shafira, and M. R. Akbar, “Strategi UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global,” MBIA, vol. 19, no. 3, pp. 293–308, 2020, doi: 10.33557/mbia.v19i3.1167.
[10] I. K. Subagja, “Pengaruh Inovasi Produk Dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing Celana Merek Jeans Di Jakarta,” J. Manajamen Bisnis Krisnadwipayana, vol. 09, no. 01, 2021, doi: 10.35137/jmbk.v9i1.525.
[11] D. Kusbandono, “Analisis Swot SebagaiUpaya Pengembangan Dan Penguatan Strategi Bisnis ( Study Kasus Pada Ud. Gudang Budi, Kec. Lamongan),” J. Penelit. Ilmu Manaj., vol. 4, no. 2, pp. 921–932, 2019, doi: 10.30736/jpim.v4i2.250.
[12] F. F. Syaiful, “Penerapan Analisis Swot Terhadap Strategi Pemasaran Usaha Minuman Kamsia Boba Milik Abdullah Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Bangkalan,” J. Edukasi Nonform., vol. 1, no. 1, pp. 343–359, 2020, [Online]. Available: https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/583.
[13] A. M. I. Astuti and S. Ratnawati, “Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100),” J. Ilmu Manaj., vol. 17, no. 1, pp. 58–70, 2020, doi: 10.21831/jim.v17i2.34175.
[14] D. Nurjannah, “Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing (Studi Pada PT. Bank Riau Kepri Unit Usaha Syariah Pekanbaru),” J. Perbank. Syariah, vol. 1, no. 1, pp. 97–112, 2020, doi: 10.46367/jps.v1i1.205.
[15] H. Setyorini, M. Effendi, and I. Santoso, “Marketing Strategy Analysis Using SWOT Matrix and QSPM (Case Study: WS Restaurant Soekarno Hatta Malang),” Ind. J. Teknol. dan Manaj. Agroindustri, vol. 5, no. 1, pp. 46–53, 2016, doi: 10.21776/ub.industria.2016.005.01.6.
[16] A. Qanita, “Analisis Strategi Dengan Metode Swot Dan Qspm (Quantitative Strategic Planning Matrix): Studi Kasus Pada D’Gruz Caffe Di Kecamatan Bluto Sumenep,” Komitmen J. Ilm. Manaj., vol. 1, no. 2, pp. 11–24, 2020, doi: 10.15575/jim.v1i2.10309.
[17] D. S. Joyanda and M. Baiquni, “Persepsi Mahasiswa Ugm Terkait Jogja Renaissance Pada Branding “Jogja Istimewa",” J. Bumi Indones., vol. 06, no. 02, pp. 1–10, 2017, [Online]. Available: http://lib.geo.ugm.ac.id/ojs/index.php/jbi/article/view/747.
[18] I. D. Ghristian, “Pengaruh harga diskon, kualitas produk, citra merek, dan iklan terhadap minat beli celana jeans Levi’s di Surabaya,” J. Bus. Bank., vol. 5, no. 2, p. 319, 2016, doi: 10.14414/jbb.v5i2.710.

Downloads

Published

2022-09-27

How to Cite

Alfani, M. (2022). Perancangan Strategi Pengembangan Bisnis Industri Jeans Pada UKM X Menggunakan Analisis SWOT. Matrik : Jurnal Manajemen Dan Teknik Industri Produksi, 23(1), 19–30. https://doi.org/10.30587/matrik.v23i1.3358

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.