ANALISIS SIMULASI MODEL PADA SISTEM ANTRIAN BENGKEL MOTOR DI CV. XYZ DENGAN SIMULASI ARENA

Authors

  • Oqni Huda Nur Qodzbari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Deny Andesta Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/justicb.v4i1.6715

Keywords:

Antrian, service, software Arena

Abstract

CV. XYZ ialah satu diantara badan usaha yang bergerak di bidang jasa atau pelayanan service kendaraan khususnya motor. Selain bergerak dibidang pelayanan jasa, juga bergerak dibidang penyediaan spare part (suku cadang). Dimana konsumen yang datang guna melakukan perbaikan sepeda motor, harus melakukan pendaftaran terdahulu  dalam bagian  rregistrasi  selanjutnya konsumen mengantri apabila ketika waktu itu fasilitas  pelayanan  (mekanik)  tengah memiliki kesibukan. Berdasarkan hasil pengamatan antrian terjadi ketika fasilitas pelayanan mekanik sedang sibuk, sehingga alternatif penyelesaian adalah menambahkan 1 modul mekanik pada fasilitas pelayanan service.  Tujuan penelitian ini yaitu memberikan model skenario usulan yang  optimal sehingga dapat mengurangi anrian customers saat service. Dari hasil simulasi model terpilih yaitu model usulan skenario ke 1 bahwa penambahan 1 modul mekanik pada bagian proses layanan service dapat mengurangi waktu antrian customers, sehingga diketahui rata-rata waktu tunggu pelayanan service mekanik yaitu mekanik 1 0,99 dan mekanik 2 (1.0). Jadi dapat disimpulkan jika model skenario usulan ke 1 sangat optimal

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Huda Nur Qodzbari, O., & Andesta, D. (2023). ANALISIS SIMULASI MODEL PADA SISTEM ANTRIAN BENGKEL MOTOR DI CV. XYZ DENGAN SIMULASI ARENA. JUSTI (Jurnal Sistem Dan Teknik Industri), 4(1), 91–98. https://doi.org/10.30587/justicb.v4i1.6715

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >> 

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.