PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING

Authors

  • Mahlianurrahman Mahlianurrahman

DOI:

https://doi.org/10.30587/jtiee.v2i1.357

Keywords:

LKS, problem based learning, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas lembar kerja siswa berbasis Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Prosedur penelitian ini meliputi 9 langkah, yaitu 1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi; 2) perencanaan; 3) pengembangan draft produk; 4) uji coba awal; 5) merevisi hasil uji coba terbatas; 6) uji coba lapangan; 7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan; 8) uji coba lapangan operasional; dan 9) penyempurnaan produk akhir. Subjek uji coba produk yaitu siswa kelas V SD Gunong Kleng. Teknik pengambilan data menggunakan tes. Soal pretest-posttest digunakan untuk mengukur hasil belajar. Kelayakan lembar kerja siswa dianalisis dengan konversi skor menggunakan skala 4. Efektivitas lembar kerja siswa dianalisis dengan gain score, dan persen peningkatan. Hasil penelitian ini berupa produk lembar kerja siswa IPA berbasis PBL pada materi gaya gerak dan energi yang layak dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2018-05-03

How to Cite

Mahlianurrahman, M. (2018). PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2(1), 65–74. https://doi.org/10.30587/jtiee.v2i1.357

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.