Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Energi Bunyi Kelas IV Semester II di SDN I Sedayulawas Brondong Lamongan Tahun Pelajaran 2015/2016

  • Anggun Winata

Abstract

Permasalahan yang terjadi di kelas IV SDN I Sedayulawas Brondong Lamongan adalah rendahnya hasil belajar yang ditandai dengan rendahnya nilai tes hasil belajar siswa.Sebagian besar siswa kelas IV belum bisa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).Proses pembelajaran dapat berhasil jika didukung oleh model pembelajaran yang tepat. Salah satunya melalui model  pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui peningkatan hasil belajar, aktivitas,dan respon siswamelalui penerapan model PBL (Problem Based Learning) pada mata pelajaran IPA materi energi bunyi kelas IV semester II di SDN I Sedayulawas Brondong Lamongan tahun pelajaran 2015/2016.Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen pembelajaran meliputi silabus, RPP, lembar kerja siswa, lembar evaluasi, lembar observasi pengajar,lembar observasi siswa dan angket.Peningkatan aktivitas siswa melalui penerapan model PBL  pada mata pelajaran IPA materi energi bunyi kelas IV semester II di SDN I Sedayulawas Brondong Lamongan pada siklus I yang dapat diamati oleh observer sebesar 75% dan mengalami peningkatan pada siklus II  yaitu sebesar 100%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 15, 2017
How to Cite
WINATA, Anggun. Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Energi Bunyi Kelas IV Semester II di SDN I Sedayulawas Brondong Lamongan Tahun Pelajaran 2015/2016. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 21-36, nov. 2017. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/109>. Date accessed: 04 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v1i1.109.
Section
Articles