Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen Kepala TK Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan

Authors

  • Maulida Rahma Susanti Universitas Sains Al-Qur'an
  • Rifqi Muntaqo Universitas Sains Al-Qur’an, Jawa Tengah, Indonesia
  • Ali Imron Universitas Sains Al-Qur’an, Jawa Tengah, Indonesia

Keywords:

Menejemen, Pendidikan, Kepala TK

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah agar dapat mengetahui penerapan fungsi manajemen kepala TK Pelangi Nusantara 09, untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat implementasi fungsi manajemen untuk meningkatkan mutu. Jenis pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumen pendukung. Sumber data diperoleh dari beberapa informan yaitu kepala sekolah, guru TK A, guru TK B, dan staf tata usaha TK Pelangi Nusantara 09 Kabupaten Wonosobo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan empat fungsi manajemen kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan di TK Pelangi Nusantara 09 Kabupaten Wonosobo meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Dalam penerapan empat fungsi manajemen tersebut, kepala sekolah sudah melakukan berbagai kegiatan yang selaras dengan standar mutu pendidikan anak usia dini. 2). Hal pendukung dalam implementasi fungsi-fungsi manajemen kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah adanya kerjasama dan koordinasi yang baik, lingkungan yang kondusif, pendekatan pendidikan holistik berbasis karakter, serta fasilitas sarana prasarana yang baik. Sedangkan hal yang menjadi kendala adalah keterbatasan kemampuan sumber daya manusia dalam menangani anak berkebutuhan khusus, keterbatasan anggaran, serta pengelolaan waktu.

Downloads

Published

2025-07-14

How to Cite

Susanti, M. R., Rifqi Muntaqo, & Ali Imron. (2025). Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen Kepala TK Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Islamic Education for Early Childhood, 7(2), 1–12. Retrieved from https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/9635