Desain Interior Ruang Kelas Untuk Menunjang Aktivitas Belajar Anak Di Pos PAUD Mawar Tlogojati

Desain Interior Ruang Kelas Untuk Menunjang Aktivitas Belajar Anak Di Pos PAUD Mawar Tlogojati

  • Maulida Rahma Susanti Universitas Sains Al-Qur'an
  • Kesuna Hilyati Fadhila
  • Hidayatu Munawaroh

Abstract

ABSTRAK


Penyelenggaraan pendidikan anak usia dini harus memperhatikan aspek-aspek yang menunjang kegiatan belajar anak, diantaranya adalah desain interior kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain interior kelas di Pos PAUD Mawar Tlogojati kelompok A Kabupaten Wonosobo untuk menunjang aktivitas belajar. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru kelompok A di Pos PAUD Mawar Tlogojati Kabupaten Wonosobo. Objek penelitian ini adalah kelas kelompok A di Pos PAUD Mawar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain interior kelas di Pos PAUD Mawar kelompok A, sebagian sudah memenuhi standar untuk menunjang aktivitas belajar, namun ada beberapa elemen yang belum memenuhi standar. Desain interior dalam hal pencahayaan, warna cat dinding, lantai, atap dan perabot sudah memenuhi standar, sehingga aktivitas belajar dapat lebih optimal dengan dukungan elemen-elemen tersebut. Namun, untuk ukuran ruang kelas dan hiasan pada dinding kelas belum memenuhi standar. Hal ini disebabkan kurangnya alokasi dana untuk sarana dan prasarana sekolah.


Kata Kunci: Desain interior kelas, aktivitas belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 9, 2024
How to Cite
SUSANTI, Maulida Rahma; FADHILA, Kesuna Hilyati; MUNAWAROH, Hidayatu. Desain Interior Ruang Kelas Untuk Menunjang Aktivitas Belajar Anak Di Pos PAUD Mawar Tlogojati. Journal of Islamic Education for Early Childhood, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 48-55, july 2024. ISSN 2987-5501. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/7825>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jieec.v6i2.7825.