Entrepreneurship For Kids: Apa yang Dipelajari dalam Program Kewirausahaan Di Tingkat PAUD

Authors

  • Fitrah Nabila Dista Universitas Serambi Mekkah
  • Gracia Mandira Universitas Syiah Kuala

DOI:

https://doi.org/10.30587/jieec.v7i1.8842

Keywords:

Entrepreneurship, For Kids, Lembaga PAUD

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami apa saja  yang harus dipelajari, dikembangkan, dan dirancang dalam menerapkan program entrepreneur atau kewirausahaan di lembaga PAUD. Metode penelitian yaitu penelitian kepustakaan, dengan tipe penelitian yakni analisis data (deskriptif), menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi, dan teknik analisis data berupa content analysis. Hasil penelitian memaparkan bahwa program kewirausahaan tidak terlepas dari beberapa ranah, yaitu ranah pengetahuan (know how to learn) berkaitan dengan konsep dan goal dalam berwirausaha, pendidikan finansial, serta langkah-langkah dan strategi merencanakan bisnis. Ranah keterampilan (know how to do) berkenaan dengan kompetensi yang dikuasasi dalam berwirausaha dan bagaimana cara berkomunikasi yang baik. Ranah sikap (know how to be) berhubungan dengan perilaku, tindakan, dan pandangan positif ketika menjadi seorang wirausahawan. Ranah nilai meliputi personalitas, pembawaan, dan mentalitas yang dimiliki seorang wirausahawan. Hasil penelitian ini memiliki implikasi bagi sekolah dan guru dalam memberikan pemahaman yang lebih baik dalam mengadakan program kewirausahaan di lembaga PAUD kedepannya. Kemudian juga memberikan kontribusi pada alur tujuan pembelajaran atau silabus dengan mata kuliah entrepreneur anak usia dini di jurusan PAUD sebagai acuan materi perkuliahan.

Downloads

Published

2025-01-09

How to Cite

Dista, F. N., & Mandira, G. (2025). Entrepreneurship For Kids: Apa yang Dipelajari dalam Program Kewirausahaan Di Tingkat PAUD. Journal of Islamic Education for Early Childhood, 7(1), 1–15. https://doi.org/10.30587/jieec.v7i1.8842

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.