Pengaruh Kegiatan Loose Parts Menggunakan Bahan Alam untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B Di TK ABA 16 Takeharjo Pengaruh Kegiatan Loose Parts Menggunakan Bahan Alam untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B Di TK ABA 16 Takeharjo

Main Article Content

Hayuning Rike Widiyaswati
Fitri Ayu Fatmawati

Abstract

Perkembangan Bahasa merupakan salah satu pengembangan dasar di Pendidikan Anak Usia Dini, aspek perkembangan Bahasa penting untuk dikembangkan karena dengan Bahasa anak dapat memahami kata dan kalimat serta dapat mengunkapkan keinginan, pikiran dan perasaannya kepada orang lain. Namun perkembangan Bahasa anak tidak akan berkembang jika tidak dilatih dan dikembangkan. Pelaksanaan pembelajaran disekolah yang hanya menggunakan media biasa membuat anak kurang tertarik dan merasa bosan untuk mengikuti pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan penulis tertarik untuk memberikan kegiatan loose parts untuk membantu meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan loose parts menggunakan bahan alam untuk menigkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK ABA 16 Takerharjo.  Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini  adalah Pretest-Posttest One Group Design, dengan jumlah sampel 27 anak, yang menjadi sampel penelitian ini adalah anak kelompok B di TK ABA 16 Takerharjo. Instrumen yang digunakan berupa penilaian lembar observasi kemudian di Uji Normalitas 0.000, Uji Wilcoxon -4.646 dalam pengujian hipotesisnya. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh penerapan kegiatan loose parts untuk meningkatakan kemampuan membaca permulaan kelompok B di TK ABA 16 Takerharjo. Dibuktikan dengan Uji Normalitas dengan hasil signifikansi 0.000 < 0.05 dan Uji Wilcoxon dengan hasil signifikansi pada -4.646 > 2.052.


Kata Kunci : Kegiatan Loose Parts, Membaca Permulaan

Article Details

How to Cite
Widiyaswati, H. R., & Fatmawati, F. A. (2023). Pengaruh Kegiatan Loose Parts Menggunakan Bahan Alam untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B Di TK ABA 16 Takeharjo: Pengaruh Kegiatan Loose Parts Menggunakan Bahan Alam untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B Di TK ABA 16 Takeharjo. Journal of Islamic Education for Early Childhood, 5(2), 14–24. https://doi.org/10.30587/jieec.v5i2.4303
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)