Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Dan Motorik Kasar Dengan Permainan Dadu Berpetak Bilangan Pada Anak Kelompok B Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Konang Glagah Lamongan

Authors

  • Fitri Ayu Fatmawati

DOI:

https://doi.org/10.30587/jieec.v1i1.274

Keywords:

lambang bilangan,motorik kasar, permainan dadu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan dan kemampuan motorik kasar dengan permainan dadu berpetak bilangan pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Konang Glagah Lamongan.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Pada setiap siklus dilaksanakan pembelajaran sesuai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) terdiri atas kegiatan pembukaan, inti, dan penutup. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan : pada siklus I perkembangan mengenal lambang bilangan diperoleh rata-rata sebesar 63% dan pada pertemuan siklus II diperoleh rata-rata 87%. Sedangkan pada kemampuan motorik kasar pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 70% dan pada pertemuan siklus II diperoleh rata-rata sebesar 87%. Hasil aktivitas anak pada siklus I diperoleh rata-rata 61% dan pada siklus II diperoleh rata-rata 85%.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa permainan dadu berpetak bilangan efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan dan kemampuan motorik kasar anak.

Downloads

Published

2018-02-26

How to Cite

Fatmawati, F. A. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Dan Motorik Kasar Dengan Permainan Dadu Berpetak Bilangan Pada Anak Kelompok B Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Konang Glagah Lamongan. Journal of Islamic Education for Early Childhood, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.30587/jieec.v1i1.274

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.