Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Dan Motorik Kasar Dengan Permainan Dadu Berpetak Bilangan Pada Anak Kelompok B Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Konang Glagah Lamongan

  • Fitri Ayu Fatmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan dan kemampuan motorik kasar dengan permainan dadu berpetak bilangan pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Konang Glagah Lamongan.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Pada setiap siklus dilaksanakan pembelajaran sesuai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) terdiri atas kegiatan pembukaan, inti, dan penutup. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan : pada siklus I perkembangan mengenal lambang bilangan diperoleh rata-rata sebesar 63% dan pada pertemuan siklus II diperoleh rata-rata 87%. Sedangkan pada kemampuan motorik kasar pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 70% dan pada pertemuan siklus II diperoleh rata-rata sebesar 87%. Hasil aktivitas anak pada siklus I diperoleh rata-rata 61% dan pada siklus II diperoleh rata-rata 85%.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa permainan dadu berpetak bilangan efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan dan kemampuan motorik kasar anak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 26, 2018
How to Cite
FATMAWATI, Fitri Ayu. Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Dan Motorik Kasar Dengan Permainan Dadu Berpetak Bilangan Pada Anak Kelompok B Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Konang Glagah Lamongan. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-12, feb. 2018. ISSN 2987-5501. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/274>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jieec.v1i1.274.
Section
Articles