PENGARUH MEDIA BONEKA UNTUK PEMBELAJARAN SEKS ANAK KELOMPOK B DI TK ABA 11 GIRI

  • Ervina Nanda Savitri Gresik
  • Fitri Ayu Fatmawati universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di TK ABA 11 Giri yang terdapat kurangnya
frekuensi pembelajaran seks dan media yang kurang variatif dalam pembelajaran
seks anak kelompok sehingga membuat pembelajaran seks tidak maksimal. Hal ini
terlihat dari 49 peserta didik terdapat 27 peserta didik yang kurang memahami
materi pembelajaran seks. Tujuan dari penelitian ini mengetahui adanya pengaruh
media boneka untuk pembelajaran seks anak kelompok B di TK ABA 11 Giri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain
nonequivalent control group design dan menggunakan sampel non probability
sampling.


Data yang telah didapat menunjukan nilai rata-rata pretest dan posttest
kelompok kontrol 128 meningkat menjadi 189 dan kelompok eksperimen 134
meningkat menjadi 194. Nilai hasil test statistic T hitung > T tabel dengan sig 0.05
pada kelompok kontrol 3.201 > 2.160 dan kelompok eksperimen 3.203 > 2.145
maka Ha diterima Ho ditolak yang artinya adanya pengaruh pada kelompok kontrol
dan eksperimen dalam pembelajaran seks..

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 8, 2024
How to Cite
SAVITRI, Ervina Nanda; FATMAWATI, Fitri Ayu. PENGARUH MEDIA BONEKA UNTUK PEMBELAJARAN SEKS ANAK KELOMPOK B DI TK ABA 11 GIRI. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), [S.l.], v. 6, n. 1, p. 82-99, jan. 2024. ISSN 2987-5501. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/6393>. Date accessed: 06 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jieec.v6i1.6393.