Efektivitas Teknik Distraksi Audiovisual Terhadap Derajat Kecemasan Hospitalisasi Pada Anak Prasekolah

Authors

  • Daniar Hani Lestari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ervi Suminar Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/ijpn.v5i1.6461

Keywords:

hospitalisasi, anak, teknik distraksi, audiovisual

Abstract

Hospitalisasi dapat menimbulkan perubahan pada anak seperti anak takut dengan lingkungan baru, hilang kontrol terhadap dirinya sendiri, anak lebih sering menangis, manja dan agresif, mengalami depresi dan regresi atau kemunduran perkembangan. Bagi anak, sakit, rawat inap, dan pengobatan merupakan pengalaman tidak menyenangkan, menakutkan, mengganggu, dan menimbulkan kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kecemasan sebelum dan sesudah diberikan teknik distraksi audiovisual pada anak prasekolah di ruang anak RS Muhammadiyah Gresik.

Desain penelitian ini menggunakan penelitian pra eksperimental design one group pre-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah rata-rata pasien anak prasekolah per bulan yang di rawat di ruang anak RS Muhammadiyah Gresik sejumlah 50 anak, sampelnya berjumlah 45 anak dengan teknik accidental sampling. Varibel bebas yaitu teknik distraksi audiovisual serta varible terikat yaitu kecemasan hospitalisasi. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner SCAS pre school for parent. Teknik analisis data menggunakan uji statistic Wilcoxon test.

Hasil penelitian ini didapatkan dari 45 responden, sebelum pemberian teknik distraksi audiovisual sebagian besar responden mengalami tingkat kecemasan berat sejumlah 25 (56%) anak dan cemas sedang sejumlah 15 (33%) anak, sesudah pemberian teknik distraksi audivisual sebagian besar mengalami tingkat kecemasan ringan sejumlah 30 (67%) anak dan cemas sedang sejumlah 5 (11%) anak. Uji statistic Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai p=0,00  jauh lebih rendah dari standart signifikan 0,05 (p<α).

Kesimpulannya adalah ada perbedaan tingkat kecemasan akibat hospitalisasi sebelum dan sesudah diberikan teknik distraksi audiovisual pada anak prasekolah di ruang anak RS Muhamamdiyah Gresik.

 

References

Asmadi. (2012). Teknik Prosedural Keperawatan : Konsep Anak dan Aplikasi Kebutuhan Dasar Klien. Jakarta. Salemba Medika.
Aziz, M. . (2020). Audiovisual Distractioin : A Pricking Pain Redution Modality Among LAdies Receiving Injections. https://doi.org/10.29271/jcpsp.2020.01.04.
Desita, F., & Wahyuningsih, A. (2011). KAJIAN STRES HOSPITALISASI TERHADAP PEMENUHAN POLA TIDUR ANAK USIA PRASEKOLAH DI RUANG ANAK RS BAPTIS KEDIRI Desita Febriana. Jurnal STIKES RS. Baptis Kediri, 4(2), 66–72. https://www.neliti.com/id/publications/210113/kajian-stres-hospitalisasi-terhadap-pemenuhan-pola-tidur-anak-usia-prasekolah-di
Gustomi, M. E. (2019). Teknik Distraksi Audio Visual Tentang Kajian Islam Menurunkan Kecemasan pada Pasien Pre Operasi Seksio Sesarea. 8. http://journal.unigres.ac.id/index.ph p/JNC/article/view/287/201.
Handriana, I. (2016). Keperawatan Anak (Pertama). https://books.google.co.id/books?id=gVQrEAAAQBAJ&lpg=PA175&dq=Keperawatan
Haris, H., Nurafriani, N., & Asdar, F. (2019). Pengaruh Distraksi Visual Terhadap Tingkat Nyeri Pada Anak Usia Pra Sekolah Saat Pemasangan Infus Di Blud Rsud H. Padjonga Daeng Ngalle Kabupaten Takalar. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 14(2), 192–196. https://doi.org/10.35892/jikd.v14i2.158
Khairani, A. I., & Olivia, N. (2018). Pengaruh Hospitalisasi Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Preschool Di Rumah Sakit Tk Ii Putri Hijau Kesdam I/Bb Medan. Jurnal Riset Hesti Medan Akper Kesdam I/BB Medan, 3(2), 82. https://doi.org/10.34008/jurhesti.v3i2.49
Novitasari, P., Ernawati, D., & Anggoro, S. D. (2021). Pengaruh Terapi Audiovisual (Film Kartun) Terhadap Tingkat Stres Pada Anak Usia Sekolah Yang Menjalani Physical Distancing Di Rw 01 Desa Wage Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 7(1), 13–18. https://doi.org/10.33023/jikep.v7i1.673
Nurlaila, E. (2018). Buku Ajar Keperawatan Anak. Google Book.
Pawiliyah, P., & Marlenis, L. (2019). Pengaruh Terapi Bermain Mendongeng dengan Penurunan Tingkat Kecemasan pada Anak Usia Pra Sekolah Akibat Hospitalisasi. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1), 271–280. https://doi.org/10.31539/jks.v3i1.788
Perry, A., G. P. (2012). Fundamental Keperawatan, Konsep, Klinis dan Praktek. Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Potts, N. L. (2017). Pediatric Nursing : Caring for Children and Family. New York: Edlmar Learning.
Putri, N. P., Agustin, W. R., & Rizqiea, N. S. (2020). GAMBARAN KETAKUTAN ANAK USIA PRASEKOLAH AKIBAT HOSPITALISASI. Jurnal Keperawatan ’Aisyiyah, 7(2), 13–17. https://doi.org/https://doi.org/10.33867/jka.v7i2.209
Saputro, H., Fazrin, I., Surya, S., & Husada, M. (2017). Penurunan Tingkat Kecemasan Anak Akibat Hospitalisasi dengan Penerapan Terapi Bermain. 3(1), 9–12.
Setyawan, A. B. (2017). HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN KUALITAS TIDUR PASIEN. May.
Sulistyawati. (2017). Deteksi Tumbuh Kembang Anak. Salemba Medika.
Suriadi, Y. (2010). Asuhan Keperawatan pada Anak (Edisi 2). Sagung Seto.
Susanti, A., & Safitri, H. (2017). PENGARUH STORY TELLING TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ANAK PRASEKOLAH YANG MENJALANI HOSPITALISASI DI RSUP. Jurnal Ilmu Kesehatan (JIK), 1(1), 44–50.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Lestari, D. H., & Suminar, E. (2024). Efektivitas Teknik Distraksi Audiovisual Terhadap Derajat Kecemasan Hospitalisasi Pada Anak Prasekolah. Indonesian Journal of Professional Nursing, 5(1), 33–40. https://doi.org/10.30587/ijpn.v5i1.6461

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.